Viral! Apa Itu Coka Iba? Tradisi Unik Khas Maluku Utara Sambut Maulid Nabi, Ternyata Hal Ini yang Harus Dilakukan Umat Muslim

Viral! Apa Itu Coka Iba? Tradisi Unik Khas Maluku Utara Sambut Maulid Nabi, Ternyata Hal Ini yang Harus Dilakukan Umat Muslim

Viral! Apa Itu Coka Iba? Tradisi Khas Maluku Utara Sambut Maulid Nabi, Unik Ternyata Hal Ini yang Harus Dilakukan Umat Muslim-bebsgreenpakma/tiktok-

RIVAL.co.id - 

Maluku, yang juga dikenal sebagai Jazirah Al-Mulk (Kepulauan Raja-raja), adalah sebuah negeri yang kaya akan sejarah dan budaya.



adv

Di masa lalu, Maluku sangat berpengaruh dengan empat kerajaan utama: Jailolo, Ternate, Tidore, dan Bacan. Daerah ini juga menjadi rumah bagi 27 suku dan 36 bahasa daerah yang berbeda, dikelilingi oleh 395 pulau, di mana 331 di antaranya masih belum berpenghuni.

Di sinilah berbagai kebudayaan tumbuh dan berkembang, yang hingga kini masih dijaga dengan erat oleh masing-masing suku.

Salah satu tradisi yang unik dan menarik perhatian adalah tradisi Mef, yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Cokaiba.


mg2

Tradisi ini merupakan ritual Maulid Nabi, yang merupakan bagian integral dari kehidupan tiga negeri bersaudara: Maba, Patani, dan Weda, yang lebih dikenal dengan sebutan Bumi Fagogoru.

Setelah pemekaran wilayah, ketiga negeri ini menjadi dua daerah otonom, yaitu Kabupaten Halmaheha Timur (dulu Negeri Obon, Maba) dan Kabupaten Halmahera Tengah (dulu Negeri Foton, Patani, dan Negeri Wereng, Weda).

Baca juga: Dr. Richard Lee Mengkritik Secara Tajam Air Galon Karena Diduga Ada Kandungan Zat Beracun, Secara Terang-Terangan Ungkap Merek?

Baca juga: Siapa Nadia Omara? Youtuber Cerita Horor yang Kerap Kali Disebut Netizen di Media Sosial Jadi Jokes Receh, Tenyata Profilnya Gak Main-main

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr