Viral! Apa Itu Coka Iba? Tradisi Unik Khas Maluku Utara Sambut Maulid Nabi, Ternyata Hal Ini yang Harus Dilakukan Umat Muslim

Viral! Apa Itu Coka Iba? Tradisi Unik Khas Maluku Utara Sambut Maulid Nabi, Ternyata Hal Ini yang Harus Dilakukan Umat Muslim

Viral! Apa Itu Coka Iba? Tradisi Khas Maluku Utara Sambut Maulid Nabi, Unik Ternyata Hal Ini yang Harus Dilakukan Umat Muslim-bebsgreenpakma/tiktok-

Menurut tuturan sejarah lisan dan ritual, Cokaiba pertama kali dilakukan pada zaman Rajaman, pemimpin atau raja di ketiga negeri tersebut.

Pada awal masuknya Agama Islam di pesisir Bumi Fogogoru, sekitar tahun 1100 Masehi, Rajaman Satrio memerintah di Maba, Rajaman Kasuro di Patani, dan Rajaman Suta Raja Mauraja di Weda.



adv

Keunikan dari tradisi Cokaiba ini terletak pada cerita yang mengiringinya.

Ketika penduduk setempat memeluk Agama Islam, mereka pergi mendekati penduduk yang masih menjalani kepercayaan lama untuk mendengar cerita-cerita mereka dan memahami keadaan mereka sebelum agama Islam tiba di wilayah ini.

Leluhan menceritakan bahwa mereka memiliki hubungan dengan bangsa jin sejak zaman dahulu, tetapi hubungan ini terbatas ketika Al Qur'an Surat Al Ikhlas turun.


mg2

Setelah itu, hubungan ini mulai terputus, dan mereka merindukan persahabatan dengan sahabat bangsa jin mereka. Maka, ketiga pemimpin ini memutuskan untuk mencari solusi terbaik.

Solusi yang bijak muncul: membuat Mef atau topeng dari dodadi mereka sesuai dengan karakter yang mereka tahu.

Namun, penggunaan Mef ini tidak untuk pemujaan, melainkan hanya pada peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baca juga: BACA Komik Lookism Chapter 468 469 Bahasa Indonesia Terbaru, Lookism Chapter 469 468 Sub INDO Full

Baca juga: Temukan Rahasia Kesehatan dengan Tanaman Daun Pandan: 7 Alasan Mengapa Anda Harus Mengonsumsinya!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr