KH Marzuqi Mustamar Menguak Fakta Menarik tentang Yogurt dan Yakult Merah: Sangat Tidak Disarankan untuk Dikonsumsi

KH Marzuqi Mustamar Menguak Fakta Menarik tentang Yogurt dan Yakult Merah: Sangat Tidak Disarankan untuk Dikonsumsi

KH Marzuqi Mustamar-omahsantri.id/instagram-

Rival.co.id - KH Marzuqi Mustamar Menguak Fakta Menarik tentang Yogurt dan Yakult Merah: Sangat Tidak Disarankan untuk Dikonsumsi.

Baru-baru ini, sebuah hasil bahtsul masa’il yang dipimpin oleh Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU) Jawa Timur telah memunculkan pernyataan kontroversial mengenai bahan pewarna karmin.



adv

Keputusan tersebut bukan hanya memengaruhi produk yogurt berbahan karmin, tetapi juga melibatkan berbagai produk lainnya yang menggunakan zat pewarna ini. Yakult berwarna merah pun tidak luput dari daftar produk yang dianggap haram.

Baca juga: Penemuan Benua Kedelapan Dunia: Mengenal Zealandia yang Lokasinya di Bawah Permukaan Bumi, Ternyata Punya Kontroversi

Baca juga: Terungkap Ternyata Ini Sikap Bella Bonita yang Dibenci Denny Caknan, Jawaban Eks Happy Asmara Ini Bikin Geram Warganet


mg2

Baca juga: Link Nonton Drama Thailand Absolute Zero (2023) Full Episode 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10, Streaming Sub Indo

Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuqi Mustamar, dalam sambutannya di Pondok Pesantren Mambaul Ulum, Mayong Lamongan.

Zat pewarna karmin, yang berasal dari bangkai ulat karmin yang dikeringkan dan diolah menjadi serbuk merah, dihukumi sebagai bahan yang haram dan najis.

Selain mengenai yogurt dan Yakult, semua makanan dan minuman yang mengandung bahan pewarna karmin juga dinyatakan haram dan najis. Hal ini termasuk lipstik bibir, yang seringkali mengandung zat pewarna tersebut.

Sebelumnya, hasil bahtsul masa’il LBMNU Jawa Timur telah memutuskan bahwa zat pewarna karmin merupakan bahan yang diharamkan dan dianggap najis oleh kalangan ulama syafi’iyyah.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr