Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan?

Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan?

Tugu Pahlawan Surabaya-tugu.pahlawan.surabaya/instagram-

Jenazah pertama yang berhasil dikeluarkan adalah milik Lettu Pierre Tendean, seorang perwira TNI AD berdarah blasteran Indonesia Perancis. Pierre Tendean adalah ajudan Jenderal A.H Nasution yang juga menjadi korban G30S.

Keberhasilan pertama dalam evakuasi ini memberikan semangat baru. Pada pukul 12.15 WIB, petugas yang kembali masuk ke dalam sumur berhasil mengikat jenazah lain.



adv

Namun, saat hendak ditarik ke atas, jenazah tersebut terjepit dengan jenazah lainnya. Akhirnya, petugas memutuskan untuk mengikat dan menarik dua jenazah sekaligus.

Selanjutnya, pada pukul 12.55 WIB, berhasil diangkat jenazah Mayjen TNI S. Parman dan Mayjen TNI Suprapto dalam keadaan terikat.

Pada pukul 13.20 WIB, giliran jenazah Mayjen TNI MT. Haryono dan Brigjen TNI Sutojo yang berhasil diangkat dari Lubang Buaya.


mg2

Total enam jenazah telah berhasil diangkat. Sumur Lubang Buaya terlihat kosong, tetapi untuk memastikannya, pada pukul 13.40 WIB, Kapten (Mar) Winanto diperintahkan untuk masuk ke dalam sumur dan melakukan pengecekan.

Baca juga: Miliki Asal Usul Nama yang Unik, Daerah Plumpang Tuban Ternyata Ada Kaitannya dengan Beras, Kok Bisa?

Baca juga: Prediksi Cuaca BMKG! 7 Lokasi di Indonesia Berisiko Mengalami Suhu Ekstrem Panas dan Kekeringan, Siapa Sajakah Mereka?

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr