Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan?

Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan?

Tugu Pahlawan Surabaya-tugu.pahlawan.surabaya/instagram-

Hasil pengecekan mengungkapkan bahwa masih ada satu jenazah di dalam Lubang Buaya. Jenazah ini kemudian diidentifikasi sebagai Brigjen TNI D.I Panjaitan.

Semua jenazah ditemukan dalam posisi terjungkir, dengan kepala di bawah dan kaki di atas. Kondisi jenazah-jenazah ini sangat buruk, mereka sudah menggembung, busuk, pecah-pecah, dan mengeluarkan cairan.



adv

Catatan medis mengungkapkan bahwa semua jenazah memiliki luka tembak dan beberapa luka bekas pukulan. Ada juga jenazah yang terikat satu sama lain, yaitu Mayjen TNI S. Parman dan Mayjen TNI Suprapto.

Baca juga: Miliki Asal Usul Nama yang Unik, Daerah Plumpang Tuban Ternyata Ada Kaitannya dengan Beras, Kok Bisa?

Baca juga: Bank BCA Bakal Blokir Rekening Nasabah Mulai 1 November 2023 Disebabkan Hal Ini, Simak Perubahan Ketentuan


mg2

Seluruh jenazah kemudian dimasukkan ke dalam peti dan dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk disemayamkan.

Peristiwa G30S memicu pengejaran, penangkapan, dan eksekusi terhadap pimpinan, kader, serta simpatisan PKI. Ketua CC PKI DN Aidit, Njoto, dan Letkol Untung Sutopo dieksekusi mati. Pada 12 Maret 1966, PKI resmi dibubarkan dan dinyatakan sebagai partai terlarang.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr