Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan?

Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan?

Tugu Pahlawan Surabaya-tugu.pahlawan.surabaya/instagram-

RIVAL.co.id - Kenang Sejarah G30s PKI: Siapa Jenazah Perwira TNI Pertama yang Keluar dari Lubang Buaya dan Dimana Terjadi Pemberontakan? 

Tiga hari setelah peristiwa G30S PKI atau Gerakan 30 September 1965, pasukan RPKAD yang dipimpin oleh Sarwo Edhie Wibowo menemukan Lubang Buaya.



adv

Lubang Buaya adalah sebuah sumur dengan kedalaman sekitar 10 meter yang diputuskan untuk dibongkar.

Di dalam Lubang Buaya, para perwira tinggi Angkatan Darat (AD) yang menjadi korban penculikan dan pembunuhan oleh Dewan Revolusi disembunyikan.

Proses evakuasi jenazah korban G30S dimulai pada tanggal 4 Oktober 1965. Evakuasi ini melibatkan Kesatuan Intai Para Amphibi (Kipam) Marinir.


mg2

Pada pukul 12.05 WIB, seorang prajurit Parako (Para Komando) yang memakai aqualung diperintahkan masuk ke dalam sumur Lubang Buaya yang mengandung gas beracun.

Di dalam sumur yang berbahaya itu, petugas berhasil mengikat satu jenazah dengan tali dan mengangkatnya ke atas.

Baca juga: Informasi Terbaru! Jadwal Majelis Sholawat AZ ZAHIR Oktober 2023: Nikmati Berbagai Kegiatan Islami di Sejumlah Wilayah Indonesia!

Baca juga: Apakah Karmin Halal atau Haram? LPPOM MUI Memberikan Penjelasan Tuntas Tentang Status Kehalalan Pewarna Ini!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr