Terkenal Penghasil Dodol Terbesar! Kota Garut Punya Asal Usul Nama Berasal dari Terasi, Ah yang Bener Nih?

Terkenal Penghasil Dodol Terbesar! Kota Garut Punya Asal Usul Nama Berasal dari Terasi, Ah yang Bener Nih?

daerah-shot-ed/unplash-

Sejak saat itu, para pekerja dalam rombongan panitia menamai tanaman berduri di daerah itu dengan sebutan "Ki Garut," dan telaga tersebut dinamai "Ci Garut."

Akhirnya, daerah sekitarnya dikenal dengan nama Garut. Nama "Garut" ini diresmikan oleh Bupati Kabupaten Limbangan, Adipati Adiwijaya, untuk dijadikan ibu kota Kabupaten Limbangan.



adv

Pada tanggal 15 September 1813, dimulailah pembangunan sarana dan prasarana ibu kota, termasuk tempat tinggal, pendopo, kantor asisten residen, masjid, dan alun-alun.

Pada tanggal 14 Agustus 1925, berdasarkan keputusan Gubernur Jenderal, Kabupaten Garut menjadi daerah pemerintahan yang berdiri sendiri (otonom).

Baca juga: Luncurkan Mobil Listrik Kecilnya, Honda Mungkin Bisa Bersaing dengan Wuling Air EV, Cek Spesifikasi di Sini!


mg2

Baca juga: Biar Gak Bayar Denda! Cara Jitu Terhindar dari Tilang Saat Operasi Zebra 2023, Ampuh Diikuti Pengendara Motor YTTA (Yang Tau Tau Aja)

Kabupaten Garut mendapatkan wewenang otonom dalam beberapa hal, seperti pemeliharaan jalan-jalan, jembatan-jembatan, kebersihan, dan poliklinik.

Selama periode 1930-1942, Bupati Garut yang menjabat adalah Adipati Moh. Musa Suria Kartalegawa, yang menggantikan ayahnya, Adipati Suria Karta Legawa (1915-1929).

Dengan sejarahnya yang kaya dan asal usul nama yang unik, Garut menjadi salah satu kota yang penuh cerita di Jawa Barat.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr