Nama Kota Batam Masih Misteri hingga Saat Ini? Simak Asal Usul dan Sejarahnya, Konon Dikenal dengan Nama Ini

Nama Kota Batam Masih Misteri hingga Saat Ini? Simak Asal Usul dan Sejarahnya, Konon Dikenal dengan Nama Ini

daerah-aniq-danial/unplash-

Salah satu versi asal-usul nama Batam muncul dalam buku "Patahnya Gunung Daik" karya Drs.

Abdul Razak. Menurut buku ini, "Batam" adalah akronim dari "batu ampa," yang merujuk pada cerita Badang dan Putri Tumasik yang dikenal dalam hikayat rakyat Melayu. Namun, versi lain menyebut bahwa "Batam" berasal dari kata "Batang."



adv

Konon, ketika tanah semenanjung pertama kali terbentuk, kawasan itu sangat labil. Angin kencang dari Selatan sering menerpa tanah semenanjung tersebut.

Untuk menjaga kestabilan kawasan tersebut, dewa penunggu semenanjung meletakkan berbagai batang kayu yang masih berakar di belakang selatan semenanjung.

Baca juga: Tempat Kelahiran Cakra Khan! Simak Fakta Menarik Pangandaran dan Asal Usul Namanya Berasal dari Kisah Legenda Masa Lampau


mg2

Baca juga: CEK! 355 Formasi PPPK CASN di IKN Tahun 2023, Minat Melamar Kesana? Simak Ada Syarat Khusus Loh

Rumpun-rumpun batang tersebut kemudian dihubungkan dengan rumpun batang lain di Rempang dan Galang. Akhirnya, semua itu menjadi asal usul nama "Bintan," "Rempang," dan "Galang."

Versi lain tentang asal nama "Batam" dicatat dalam hikayat "Dari Nongsa ke Pulau Terong," yang ditulis oleh Abdul Basyid dan Raja Erwan.

Menurut hikayat ini, kata "Batam" berasal dari kata "pelanduk putih." Meskipun tidak ada korelasi tekstual yang jelas antara "Batam" dan "pelanduk putih," versi ini tetap menambahkan nuansa unik dalam asal-usul nama kota Batam.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr