Penuh Sarat Makna, Ternyata Ini Asal Usul Nama Purworejo yang Bikin Kaget! Simak Beserta Sejarah dan Julukan Daerah

Penuh Sarat Makna, Ternyata Ini Asal Usul Nama Purworejo yang Bikin Kaget! Simak Beserta Sejarah dan Julukan Daerah

daerah-madian-sidarto/unplash-

Jejak Sejarah yang Berakar Hingga Abad ke-10

Jejak sejarah Purworejo dapat ditelusuri hingga abad ke-10. Pada tahun 901, terdapat Prasasti Kayu Ara Hiwang yang ditemukan di Desa Boro Wetan.

Prasasti ini mengungkapkan bahwa pada tanggal 5 Oktober 901, sebuah upacara besar diadakan dengan dihadiri oleh berbagai pejabat dari daerah sekitarnya.



adv

Beberapa nama daerah tersebut mencakup Watu Tihang (Sala Thang), Gulak, Parangran Wadihadi, Padamuan (Prambanan), Mntyasih (Matesh Magelang), Mdang, Pupur, Raji (Raji Prambanan), dan Kalungan (Kalongan).

Pada masa itu, wilayah Purworejo masih dikenal sebagai Bagelen dan sangat dihormati oleh daerah lain karena menjadi tempat tinggal bagi banyak tokoh besar.

Salah satunya adalah Sunan Geseng, seorang ulama besar yang berperan penting dalam penyebaran Islam dari Timur Lukola hingga Yogyakarta dan Magelang.


mg2

Peran Bagelen pada Masa Mataram Islam dan Perang Diponegoro

Ketika Kerajaan Mataram Islam berkuasa, tokoh-tokoh besar dari Bagelen menjadi bagian dari pasukan Sutawijaya, yang kemudian berkuasa dengan gelar Panembahan Senopati. Selain itu, pada masa Perang Diponegoro (1825-1830), Bagelen menjadi medan pertempuran yang penting. Pada saat itu, Bagelen dijadikan karesidenan oleh pemerintah Hindia Belanda.

Baca juga: SELAMAT! Adrian Stoica dan Hurricane Dinobatkan Jadi Juara AGT 2023, Putri Ariani Peringkat Berapa?

Baca juga: CEK! 355 Formasi PPPK CASN di IKN Tahun 2023, Minat Melamar Kesana? Simak Ada Syarat Khusus Loh

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr