Indonesia Siap-siap Hadapi Musim Panas Ekstrem Akibat Fenomena El Nino, Kekeringan dan Gagal Panen Mengintai!

Indonesia Siap-siap Hadapi Musim Panas Ekstrem Akibat Fenomena El Nino, Kekeringan dan Gagal Panen Mengintai!

Ilustrasi-FelixMittermeier/pixabay-

Rival.co.id - Indonesia Siap-siap Hadapi Musim Panas Ekstrem Akibat Fenomena El Nino, Kekeringan dan Gagal Panen Mengintai!

Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan tropis dengan curah hujan tinggi sepanjang tahun, kini menghadapi tantangan serius: fenomena iklim El Nino.



adv

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan bahwa sejumlah wilayah di Indonesia akan mengalami cuaca yang sangat panas akibat El Nino.

Baca juga: Motor Listrik Semakin Populer di Indonesia: Pilihan Kendaraan Listrik yang Asik dan Terjangkau, Berikut Spesifikasi Terbaiknya!

Baca juga: Liga 2 Panas Dingin! Aksi Licik 6 Tersangka Pengaturan Skor Dibekuk Polisi, Siapa Saja Mereka?


mg2

Baca juga: Who Is Taylor Swift? Trend Sound Viral Tiktok Usai Kata WIR, Apa Makna Kata 'Taylor' dalam Bahasa Gaul?

Periode kritisnya diperkirakan berlangsung dari Agustus hingga Oktober 2023, dan dampaknya akan terasa hingga awal tahun 2024.

El Nino, yang merupakan perubahan suhu permukaan laut di Samudra Pasifik, dapat mengganggu pola cuaca global. Dalam hal ini, tujuh wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami dampak yang paling parah akibat fenomena ini.

Wilayah-wilayah tersebut meliputi Sumatra bagian tengah hingga Selatan, Riau bagian Selatan, Jambi, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Ardhasena Sopaheluwakan, Plt. Deputi Bidang Klimatologi BMKG, mengungkapkan bahwa tujuh daerah ini akan merasakan dampak El Nino yang cukup parah.

Salah satu dampak utamanya adalah berkurangnya curah hujan secara signifikan, yang dapat menyebabkan kondisi kekeringan yang serius.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr