Melegenda! Nama Minangkabau Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Simak Sejarah, Fakta Menarik dan Asal Usulnya

Melegenda! Nama Minangkabau Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Simak Sejarah, Fakta Menarik dan Asal Usulnya

daerah-abdi-ms.unplash-

RIVAL.co.id - Melegenda! Nama Minangkabau Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Simak Sejarah, Fakta Menarik dan Asal Usulnya. 

Sebuah legenda yang telah turun-temurun di daerah Sumatera Barat menjelaskan asal-usul nama Minangkabau, sebuah kawasan yang kaya akan budaya dan sejarahnya.



adv

Nama "Minangkabau" disebut berasal dari dua kata, yaitu "minang" yang berarti menang dan "kabau" yang berarti kerbau. Mari kita menyelusuri lebih dalam cerita menarik ini.

Legenda ini bermula dari perselisihan antara penduduk Sumatera Barat dengan seorang raja dari Pulau Jawa. Diceritakan bahwa ada seorang warga Sumatera Barat bernama Catri Bilang Pandai, yang melakukan perjalanan bersama Sri Maharaja Diraja.

Saat dalam perjalanan, Maharaja melihat sebuah gunung berapi yang begitu mengesankan. Masyarakat setempat memberi tahu Maharaja bahwa daerah di sekitar gunung berapi itu sangat subur.


mg2

Maharaja pun memerintahkan kapalnya untuk mendekati gunung berapi tersebut. Setelah kapal berlabuh, mereka menemukan sebuah lembah yang memiliki telaga air panas.

Tempat ini kemudian diberi nama Desa Pariangan, yang masih ada hingga saat ini, berlokasi tidak jauh dari Padangpanjang, Sumatera Barat.

Baca juga: Prediksi Cuaca BMKG! 7 Lokasi di Indonesia Berisiko Mengalami Suhu Ekstrem Panas dan Kekeringan, Siapa Sajakah Mereka?

Baca juga: Tempat Kelahiran Cakra Khan! Simak Fakta Menarik Pangandaran dan Asal Usul Namanya Berasal dari Kisah Legenda Masa Lampau

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr