Siapa yang Gak Kenal Cawang? Asal Usul Daerah di Jakarta Timur Ini Bikin Mempesona, Banyak Gak Tahu Arti Daerahnya Ini

Siapa yang Gak Kenal Cawang? Asal Usul Daerah di Jakarta Timur Ini Bikin Mempesona, Banyak Gak Tahu Arti Daerahnya Ini

daerah-shot-ed/unplash-

Ia adalah seorang letnan yang memiliki hubungan dekat dengan Kapten Wan Abdul Bagus, seorang pengabdi VOC yang lahir di Betawi tetapi memiliki keturunan Patani (Thailand Selatan).

Kapten Wan Abdul Bagus memimpin pasukannya yang terdiri dari 3.000 prajurit (meskipun beberapa sumber menyebutkan hanya 130 prajurit), dan ia juga diangkat sebagai kepala komunitas Melayu di Kampung Melayu.



adv

Enci Awang, sebagai anak buah Kapten Wan Abdul Bagus, diberi tugas khusus untuk menjaga dan mengawasi daerah Cawang.

Berdasarkan penuturan Olivier Johannes Raap dalam bukunya "Kota Di Djawa Tempo Doeloe," Enci Awang telah lama menetap di suatu wilayah di Kampung Melayu, yang kemudian membuat orang-orang di sana menyebut kawasan tersebut dengan nama Cawang.

Pada tahun 1940-an, Cawang telah dikenal sebagai salah satu daerah yang paling maju dibandingkan dengan daerah lainnya di Jakarta Timur.


mg2

Baca juga: Gak Mau yang Biasa-Biasa? Inilah 6 Menu Subway yang Paling Best Seller dan Populer dengan Rasanya yang Nendang, JUARA Banget!

Baca juga: Luncurkan Terbaru! Wuling Bingo Kendaraan Hemat Bahan Bakar hingga Mampu Tempuh 410 KM Tanpa Isi Ulang, Harga 120 Juta Rupiah!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr