Ramalan Cuaca BMKG di 7 Daerah Republik Indonesia Ini Terancam Kekeringan, Iklim Ekstrem El Nino Akan Memuncak pada 2023-2024?

Ramalan Cuaca BMKG di 7 Daerah Republik Indonesia Ini Terancam Kekeringan, Iklim Ekstrem El Nino Akan Memuncak pada 2023-2024?

Ilustrasi-kordi_vahle/pixabay-

Rival.co.id - Ramalan Cuaca BMKG di 7 Daerah Republik Indonesia Ini Terancam Kekeringan, Iklim Ekstrem El Nino Akan Memuncak pada 2023-2024?

ndonesia, tanah air yang kaya akan keindahan alam tropisnya, akan segera menghadapi tantangan besar dalam hal cuaca.



adv

Sejumlah wilayah di negeri ini diperkirakan akan mengalami musim panas ekstrem yang seperti air mendidih, dan semua ini adalah akibat dari fenomena iklim yang dikenal sebagai El Nino.

Baca juga: Tempat Kelahiran Cakra Khan! Simak Fakta Menarik Pangandaran dan Asal Usul Namanya Berasal dari Kisah Legenda Masa Lampau

Baca juga: CEK! 355 Formasi PPPK CASN di IKN Tahun 2023, Minat Melamar Kesana? Simak Ada Syarat Khusus Loh


mg2

Baca juga: Luncurkan Terbaru! Wuling Bingo Kendaraan Hemat Bahan Bakar hingga Mampu Tempuh 410 KM Tanpa Isi Ulang, Harga 120 Juta Rupiah!

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan serius tentang dampak yang akan ditimbulkan oleh El Nino ini.

Periode puncak dari musim panas ekstrem ini diperkirakan akan terjadi dari bulan Agustus hingga Oktober tahun 2023, dan dampaknya mungkin akan berlanjut hingga awal tahun 2024.

Tidak kurang dari 7 wilayah di Indonesia diprediksi akan menghadapi dampak paling parah dari fenomena iklim ini. Wilayah-wilayah tersebut mencakup Sumatra bagian tengah hingga selatan, Riau bagian selatan, Jambi, Lampung, Banten, dan Jawa Barat.

Ardhasena Sopaheluwakan, Pelaksana Tugas Deputi Bidang Klimatologi BMKG, menyampaikan bahwa ketujuh wilayah tersebut akan terkena dampak yang cukup parah.

Hujan diprediksi akan turun sangat jarang, dan ini bisa berpotensi menciptakan kondisi kekeringan yang serius. Dalam situasi seperti ini, satu hal yang perlu diwaspadai oleh warga Indonesia adalah potensi gagal panen yang dapat terjadi akibat El Nino.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr