Tempat Kelahiran Cakra Khan! Simak Fakta Menarik Pangandaran dan Asal Usul Namanya Berasal dari Kisah Legenda Masa Lampau

Tempat Kelahiran Cakra Khan! Simak Fakta Menarik Pangandaran dan Asal Usul Namanya Berasal dari Kisah Legenda Masa Lampau

daerah-Ryoka/unplash-

Seiring berjalannya waktu, banyak pendatang mulai bermigrasi ke Pangandaran dan menetap di sana. Ini mengubah wilayah tersebut menjadi sebuah perkampungan yang kemudian dikenal sebagai Pangandaran.

Arti Nama Pangandaran: Sumber Makanan para Pendatang



adv

Nama "Pangandaran" memiliki makna unik. Ini terdiri dari dua kata, yaitu "pangan" yang berarti makanan dan "daran" yang berarti pendatang. Jadi, secara harfiah, Pangandaran berarti "sumber makanan para pendatang."

Menurut cerita para sesepuh, Desa Pananjung dinamai demikian karena selain daerah tersebut memiliki tanjung, daerah ini juga dikatakan memiliki banyak keramat di beberapa tempatnya.

Nama "pananjung" sendiri berasal dari bahasa Sunda "pangnajung-nanjungna," yang artinya "paling subur atau paling makmur."


mg2

Awalnya, Pananjung adalah salah satu pusat kerajaan yang berada pada zaman yang sama dengan Kerajaan Galuh Pangauban.

Kerajaan ini berpusat di Putrapinggan, Kalipucang, Pangandaran, sekitar abad ke-14 M, setelah munculnya Kerajaan Pajajaran di Pakuan Bogor.

Baca juga: Total 19 Bidang! UPDATE Daftar Nominasi AMi Awards 2023, Siapa yang Bakal Menguasai Panggung? Pendatang Baru atau Sesepuh Nih?

Baca juga: Belum Usai Rumor Perpanjang Kontrak, Jenni-Jisoo BLACKPINK Dikabarkan Bakal Buat Agensi Sendiri Usai Tinggalkan YG Entertaiment

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr