Langkah-Langkah Konkrit dalam Membangun Kembali Ekosistem Pasca Kebakaran Bromo oleh Balai Besar TNBTS

Langkah-Langkah Konkrit dalam Membangun Kembali Ekosistem Pasca Kebakaran Bromo oleh Balai Besar TNBTS

Ilustrasi-Kanenori/pixabay-

2. Rehabilitasi

Tahap kedua adalah rehabilitasi, yang melibatkan penanaman kembali pohon-pohon di area yang terdampak.



adv

Proses ini membutuhkan waktu yang lebih lama, yakni sekitar tiga hingga empat tahun, agar hutan bisa tumbuh kembali dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan.

3. Restorasi

Pemulihan ketiga adalah restorasi, yang melibatkan perawatan ekosistem setelah penanaman pohon. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas ekosistem alami di sekitar kawasan, memastikan bahwa alam Bromo pulih dengan baik.


mg2

Untuk mempercepat proses pemulihan kawasan Bromo yang indah ini, partisipasi aktif dari pengunjung dan masyarakat sangatlah diperlukan.

Baca juga: Mendag Zulkifli Siap Eksekusi dan Cabut Akun Sosmed yang Masih Ngeyel dan Berani Jualan, Siap-siap Izin Dicabut!

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa dilakukan oleh semua pihak, seperti tidak membuang puntung rokok di dekat kawasan ini dan saling mengingatkan untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran.

Dalam kesimpulannya, BB TNBTS berkomitmen untuk menjalankan tiga tahapan pemulihan ini dengan penuh dedikasi.

Semua pihak, termasuk masyarakat dan pengunjung, diharapkan turut serta dalam usaha melindungi dan mengembalikan keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang telah terluka oleh kebakaran tragis ini. 

***

Editor: Putri Indah
TAG: #pasca kebakaran #balai besar tnbts #pemulihan bromo #langkah #tutorial
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr