26,5 KM Roda Menggelinding! Ternyata Ini Jalan Tol di Banten Paling Panjang Melintasi 14 Kecamatan, Sudah Disahkan?

26,5 KM Roda Menggelinding! Ternyata Ini Jalan Tol di Banten Paling Panjang Melintasi 14 Kecamatan, Sudah Disahkan?

26,5 KM Roda Menggelinding! Ternyata Ini Jalan Tol di Banten Paling Panjang Melintasi 14 Kecamatan, Sudah Disahkan?-TimHill/Pixabay-

RIVAL.co.id - Dibangun untuk kendaraan dapat mengaksesnya sejauh 2,5 km, ternyata ini jalan tol yang ada di Banten, juga menjadi yang paling panjang melintasi 14 kecamatan, apakah sudah disahkan?

Salah satu hal yang penting diketahui oleh warga Indonesia adalah akses cepat menggunakan kendaraan darat. Namun, mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa jalan tol di Banten pernah mengalami penundaan pembangunan selama puluhan tahun.



adv

Baca juga: Ngak Berhenti di Papua, Pemerintah Indonesia Siap Pecah Sulawesi, Muncul 4 Provinsi Baru, Apa Saja? Simak Info Lengkapnya

Baca juga: Kecamatan Teramai dan Tersibuk Siap Jadi Ibu Kota Cirebon Raya, Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat

Baca juga: Provinsi Cirebon Raya, Provinsi Baru Hasil Pemekaran Wilayah di Jawa Barat, Apa Saja Kecamatan Tersibuk di Sana?


mg2

Meskipun demikian, sekarang statusnya telah resmi menjadi jalan tol terpanjang di Banten. Dengan adanya pembangunan infrastruktur baru ini, diharapkan kesenjangan ekonomi dapat semakin pulih.

Proyek pembangunan jalan tol ini telah menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) menurut laporan dari laan.pu.go.id. Inisiatif pembangunan jalan tol di Banten sendiri awalnya datang dari mantan Gubernur, Rano Karno.

Pada tahun 2021, ia berhasil meyakinkan Presiden Jokowi untuk melanjutkan pembangunan yang sebelumnya terhenti.

Dengan kerja cepat dari Kementerian PUPR, hasilnya terlihat pada tahun 2021 dengan beroperasinya Seksi 1 jalan tol ini yang memiliki panjang 26,5 km. Seksi 1 menghubungkan Serang ke Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

Baca juga: TURUNG LAGI! Harga Samsung Galaxy A13 Makin Terjangkau, Spesifikasi Menarik Terlengkap di Kelasnya

Baca juga: Samsung Galaxy A14 5G: HP Terjangkau dengan Spesifikasi Menarik, Ngak Bakal Nyesel Harga Cuma 2 Jutaan

Baca juga: Harga dan Spesifikasi HP Redmi 10A di Tahun 2023 Lebih Murah dan Menawan

Saat ini, pemerintah tengah melanjutkan pembangunan untuk Seksi 2 dengan panjang 24,17 km yang menghubungkan Rangkasbitung menuju Cileces.

Tak hanya itu, pembangunan juga akan dilanjutkan untuk Seksi 3 sepanjang 33 km yang menghubungkan Cileces ke Panimbang.

Dengan panjang keseluruhan jalan tol mencapai 83,7 km, jalan tol ini layak mendapat predikat sebagai jalan tol terpanjang di Banten. Pembangunan jalan tol ini memberikan manfaat bagi mobilitas dan konektivitas masyarakat Banten serta potensi pengembangan ekonomi di daerah tersebut.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr