Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta Menarik Tuban, Kota Tempat Para Wali

Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta Menarik Tuban, Kota Tempat Para Wali

Tuban --

RIVAL.co.id - Tuban adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dan terletak di pesisir utara provinsi tersebut.

Menurut data Sensus Penduduk 2020, kabupaten ini memiliki luas sekitar 1.904,70 km² dengan penduduk sebanyak 1.198.012 jiwa.



adv

Secara geografis, Tuban berbatasan dengan Rembang di sebelah barat, Lamongan di timur, dan Bojonegoro di selatan.

Baca juga: Terungkap Fakta Mengejutkan Asal Usul Nama Gorontalo, Daerah Berjuluk Serambi Madinah

Baca juga: Terkuak FAKTA Jasad Anak Pamen TNI, Terdapat 6 Bacokan di Bagian Dada hingga Luka Bakar 91 Persen, Tewas Akibat Dibunuh?


mg2

Daerah ini juga memiliki letak strategis karena dilintasi Jalan Nasional Daendels di pesisir utara dan berada di perbatasan antara Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tuban dikenal memiliki sejarah yang kaya. Pada zaman Kerajaan Majapahit, kota ini menjadi pelabuhan utama dan juga menjadi titik penting penyebaran agama Islam oleh Walisongo.

Karena peranannya itu, Tuban mendapat julukan "Kota Wali". Selain itu, Tuban juga dijuluki sebagai kota tua karena tradisi pembuatan minuman tradisional seperti tuak dan legen dari bunga siwalan.

Terdapat berbagai legenda mengenai asal-usul nama Tuban.

Baca juga: Pernyataan Polisi Tentang Kematian Siswi SD di Sekolah: Sekarang Disebutkan sebagai Loncat dari Lantai 4, Bukan Terjatuh!

Salah satunya adalah cerita tentang Watu Tiban, batu yang diyakini jatuh dari angkasa dan diukir sebagai objek pemujaan oleh masyarakat Hindu dan Buddha. Kata "Tuban" diyakini berasal dari penggabungan kata "Wa (Tu) Ti (ban)".

Ada pula cerita yang mengatakan bahwa nama Tuban berasal dari istilah "Metu Banyune", yang berarti "keluarnya air" dalam bahasa Jawa.

Sejarah mencatat bahwa Tuban adalah kota tua yang terletak di pesisir utara Jawa.

Bahkan, keberadaannya telah disebutkan dalam prasasti yang berasal dari abad XI.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr