Kecamatan Teramai dan Tersibuk Siap Jadi Ibu Kota Cirebon Raya, Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat

Kecamatan Teramai dan Tersibuk Siap Jadi Ibu Kota Cirebon Raya, Provinsi Baru Pemekaran Jawa Barat

Cirebon Raya--

RIVAL.co.id - Provinsi Cirebon Raya: Antisipasi Pemekaran Wilayah di Pulau Jawa. Pulau Jawa, sebagai salah satu pulau terpadat di Indonesia, akan segera menyambut kehadiran provinsi baru.

Salah satunya adalah hasil pemekaran di Jawa Barat, yaitu Provinsi Cirebon Raya yang termasuk dalam wilayah administrasi Jawa Barat (Jabar).



adv

Wacana mengenai pemekaran wilayah Provinsi Cirebon Raya sudah mulai mencuat sejak tahun 2021.

Sejumlah kelompok yang mengatasnamakan Komite Percepatan Pembentukan Provinsi Cirebon Raya (KP3C) telah melakukan deklarasi terkait hal ini.

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh Mahasiswa Geografi di YouTube, terdapat lima kabupaten dan kota yang berpotensi masuk ke dalam wilayah administrasi Provinsi Cirebon Raya.


mg2

Kelima wilayah tersebut adalah Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Cirebon.

Ada kabar yang beredar bahwa Kota Cirebon akan menjadi ibu kota Provinsi Cirebon Raya apabila wacana ini terealisasi.

Hal ini juga menjadikan Kota Cirebon sebagai calon ibu kota dari daerah otonomi baru yang akan terbentuk, yaitu Provinsi Cirebon Raya.

Menurut data yang dikutip dari laman banten.bps.go.id, terdapat lima kecamatan tersibuk di Kota Cirebon. Wilayah Kota Cirebon memiliki luas sekitar 37,36 km2 pada tahun 2022 dan terbagi menjadi lima kecamatan.

Kecamatan Harjamukti menjadi wilayah terluas di Kota Cirebon, sedangkan Kecamatan Pekalipan merupakan daerah dengan wilayah terkecil menurut data BPS tahun 2022.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr