Kota Ini Terkenal Daerah Paling Romantis se-Jawa Barat! Pantas Daerah Indramayu Punya Asal Usul Nama Penuh Cinta

Kota Ini Terkenal Daerah Paling Romantis se-Jawa Barat! Pantas Daerah Indramayu Punya Asal Usul Nama Penuh Cinta

daerah-gautam-krishn/unplash-

Orang tua ini adalah Ki Buyut Sidum. Setelah Wiralodra menjelaskan maksud dan tujuannya, mereka baru menyadari bahwa sungai tempat mereka bermalam bukanlah Sungai Cimanuk, karena mereka sudah melewati sungai tersebut. Akhirnya, mereka kembali ke arah timur laut.

Setelah beberapa hari berlalu, Wiralodra akhirnya menemukan sebuah sungai besar yang ia harapkan sebagai Sungai Cimanuk.



adv

Namun, sayangnya, sungai itu bukanlah Sungai Cimanuk, melainkan Sungai Cipunegara. Mereka melanjutkan perjalanan ke arah timur dan akhirnya menemukan Sungai Cimanuk.

Setelah tiba di Sungai Cimanuk, Raden Wiralodra dan Ki Tinggil memutuskan untuk menetap di sisi barat sungai ini.

Baca juga: TOK! TikTok Shop Resmi Dilarang, Gimana Nasib Penjual Ecommerce Saat Ini? Begini Penjelasan Menhan Perdagangan


mg2

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Infotainment Awards 2023, 13 Kategori Bergengsi Best Couple Diperoleh Pasangan Artis Ini

Seiring berjalannya waktu, pemukiman Cimanuk berkembang pesat, dan di antara penduduknya terdapat seorang wanita yang luar biasa, Nyi Endang Darma, yang terkenal dengan ilmu kanuragannya.

Untuk membuktikan kehebatannya, Nyi Endang Darma mengadakan pertarungan kesaktian dengan Raden Wiralodra. Meski sangat berbakat, Nyi Endang Darma akhirnya mengakui keunggulan Wiralodra dan memutuskan untuk melompat ke dalam Sungai Cimanuk sebagai tanda pengakuan kekalahan.

Wiralodra kemudian mengundang Darma untuk bergabung dalam pembangunan pemukiman tersebut, namun Darma menolak tawaran tersebut.

Sebaliknya, ia meminta agar jika suatu saat pemukiman ini diberi nama, maka namanya harus diabadikan sebagai Darma Ayu.

Akhirnya, sebagai tanda penghormatan terhadap jasa besar Nyi Endang Darma, pemukiman ini diberi nama Darma Ayu, yang kemudian menjadi Indramayu.

Cerita tentang asal-usul nama Indramayu ini menjadi sebuah cerita yang menarik dan kaya akan makna, menggambarkan perjuangan, kebijaksanaan, dan kesaktian tokoh-tokoh pada masa itu yang membentuk sejarah daerah ini.***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr