Arti Kata Sorong Punya Makna Mendalam! Begini Sejarah, Asal Usul dan Fakta Menarik yang Bikin Banyak Orang Kaget

Arti Kata Sorong Punya Makna Mendalam! Begini Sejarah, Asal Usul dan Fakta Menarik yang Bikin Banyak Orang Kaget

daerah-shot-ed/unplash-

Kata "Sorong" berasal dari bahasa Biak Numfor yang kaya makna, menggambarkan karakter laut yang dalam dan bergelombang yang mengelilingi daerah ini.

Inilah yang memicu pemukiman awal oleh suku Biak Numfor, yang menyebut daratan ini dengan sebutan "soren."



adv

Perdagangan dan pertemuan budaya seiring berjalannya waktu juga memberikan nama "Sorong" kepada kota ini oleh pedagang Tionghoa, misionaris dari Eropa, Maluku, dan Sangihe.

Melangkah ke masa lalu yang lebih terinci, pada tahun 1935, Sorong menjadi base camp Bataafse Petroleum Maatschappij pada masa penjajahan Hindia Belanda.

Baca juga: Siapa Sosok Ridwan Ali? Kini Viral Diduga Lakukan Doxing Orang Sembarang, Buntut Geraman Netizen, Begini Kronologinya Selengkapnya


mg2

Baca juga: Nonton Street Woman Fighter 2 Episode 6 Bahasa Indonesia dan Link Streaming, Lengkap Full Episode Sub Indo

Pusat pemerintahannya berada di Pulau Doom, menciptakan jejak sejarah yang menarik untuk kota ini selama periode kolonial.

Setelah Irian Barat diserahkan sepenuhnya kepada Republik Indonesia oleh PBB, pada tahun 1965, Sorong menjadi semakin penting dalam ranah pemerintahan Indonesia.

Seorang wakil Bupati Koordinator diangkat untuk mengawasi perkembangan kota ini, menandai langkah bersejarah dalam kepemimpinan Sorong.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr