Ungkap Nama Asli Cirebon, Terinsipirasi dari Terasi? Begini Sejarah dan Fakta Menarik Kota Udang yang Belum Banyak Diketahui

Ungkap Nama Asli Cirebon, Terinsipirasi dari Terasi? Begini Sejarah dan Fakta Menarik Kota Udang yang Belum Banyak Diketahui

daerah-aniq-danial/unplash-

Nama "Caruban" dipilih untuk mencerminkan keragaman penduduknya yang berasal dari berbagai suku, agama, bahasa, adat istiadat, latar belakang, dan mata pencaharian yang berbeda.

Pengucapan kata "Caruban" kemudian mengalami perubahan menjadi "carbon," dan akhirnya "cerbon." Proses ini mencerminkan keragaman budaya dan perkembangan komunitas Cirebon seiring waktu.



adv

Awalnya, mata pencaharian utama masyarakatnya adalah sebagai nelayan. Namun, seiring berjalannya waktu, pekerjaan lain mulai berkembang, seperti penangkapan ikan dan rebon (udang kecil) di sepanjang pantai, yang menjadi bahan utama untuk pembuatan terasi.

Selain itu, juga terdapat industri petis dan garam yang berkembang.

Cirebon akhirnya terkenal dengan nama yang kita kenal saat ini, yang berasal dari kata "Cai" (air) dan "Rebon" (udang rebon), mengingatkan kita pada akar sejarah pesisir dan nelayan yang kuat dalam identitas kota ini.


mg2

Kesultanan Cirebon, pada masa lalu, adalah sebuah kerajaan yang menjadi bagian penting dalam panorama sejarah Jawa Barat.

Baca juga: Jadwal Lengkap Gilga Sahid Oktober 2023: Surabaya, Solo hingga Jakarta, Duet Bareng Didi Kempot Music Concert

Baca juga: Ayolo Catat! Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Wahana Pelepas Penat, Berlokasi di Malang Jawa Timur, Cocok Jadi Agenda Berwisata Bersama Keluarga!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr