Ungkap Nama Asli Cirebon, Terinsipirasi dari Terasi? Begini Sejarah dan Fakta Menarik Kota Udang yang Belum Banyak Diketahui

Ungkap Nama Asli Cirebon, Terinsipirasi dari Terasi? Begini Sejarah dan Fakta Menarik Kota Udang yang Belum Banyak Diketahui

daerah-aniq-danial/unplash-

RIVAL.co.id - Ungkap Nama Asli Cirebon, Terinsipirasi dari Terasi? Begini Sejarah dan Fakta Menarik Kota Udang yang Belum Banyak Diketahui

Kota Cirebon, yang sering kali dijuluki "kota udang," merupakan salah satu destinasi yang menghiasi peta Provinsi Jawa Barat dengan pesona khasnya.



adv

Terletak di sepanjang pesisir utara Pulau Jawa, kota ini terhubung dalam jaringan vital yang dikenal sebagai jalur pantura, yang menghubungkan kota-kota besar seperti Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya.

Cirebon bukan sekadar kota besar di Jawa Barat; kota ini juga menjadi perwakilan kuat dalam sejarah perkembangan Islam di Nusantara.

Menurut catatan sejarah yang disusun oleh para pakar, seperti Sulendraningrat, asal usul nama "Cirebon" bermula dari kata "sarumban."


mg2

Dalam zaman lampau, Cirebon hanyalah sebuah dukuh kecil yang dibangun oleh seorang tokoh bernama Ki Gedeng Tapa.

Seiring berjalannya waktu, Cirebon tumbuh menjadi sebuah desa yang ramai, diberi nama "Caruban." Menurut catatan resmi Kota Cirebon, kata "carub" dalam bahasa setempat berarti "bersatu padu."

Baca juga: Dijuluki Kota 5 Dimensi, Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Palu yang Tidak Banyak Diketahui, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya

Baca juga: Jalur Damai? T’Koes Meminta Agar Masalah dengan Keluarga Koes Plus Diselesaikan Secara Kekeluargaan, Begini Ceritanya!

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr