Jaraknya 127 dari Semarang, Kota Ini Punya Fakta Mengejutkan, Simak Juga Asal-Usul dan Sejarah Daerah Berjuluk Bumi Skowati Ini

Jaraknya 127 dari Semarang, Kota Ini Punya Fakta Mengejutkan, Simak Juga Asal-Usul dan Sejarah Daerah Berjuluk Bumi Skowati Ini

Sragen--

RIVAL.co.id - Sragen terletak di Provinsi Jawa Tengah dan dikenal sebagai Bumi Sukowati. Menurut sejarah, nama Sukowati telah ada sejak era Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-7.

Nama "Sragen" berasal dari kombinasi kata "pasrah" dan "legen", yaitu fermentasi sari gula kelapa, yang diberikan oleh Pangeran Sukowati.



adv

Sragen merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah dengan ibu kota yang sama yaitu Sragen. Terletak kurang lebih 30 kilometer ke arah timur dari kota Surakarta.

Baca juga: Dijuluki Kota 5 Dimensi, Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Palu yang Tidak Banyak Diketahui, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya

Baca juga: Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?


mg2

Dilihat dari aspek geografis, Sragen berbatasan dengan beberapa kabupaten seperti Grobogan di bagian utara, Ngawi di timur, Karanganyar di selatan, dan Boyolali di barat.

Bumi Sukowati adalah julukan untuk Kabupaten Sragen, julukan ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Kasunanan Surakarta.

Nama "Sragen" sendiri dipilih sebagai nama kabupaten karena pusat pemerintahannya berada di kota tersebut. Sragen terletak di lembah Sungai Bengawan Solo yang mengalir ke arah timur.

Tanggal penting bagi Sragen adalah 27 Mei 1746, ditandai dengan peresmian Hari Jadi Kabupaten Sragen.

Tanggal tersebut memperingati momentum saat Pangeran Mangkubumi menentang kekuasaan Belanda. Pada tahun 2019, jumlah penduduk Sragen mencapai 890.518 jiwa.

Sejarah Sragen

Baca juga: BACA God Jangsan Tiger (Jangsanbeom) Chapter 15 16 Bahasa Indonesia - Manhwa God Jangsanbeom Bahasa Indonesia Episode Terbaru

Baca juga: Siapa Sosok Ridwan Ali? Kini Viral Diduga Lakukan Doxing Orang Sembarang, Buntut Geraman Netizen, Begini Kronologinya Selengkapnya

Zaman Kerajaan Mataram Kuno

Sragen, yang dikenal sebagai Bumi Sukowati, memiliki jejak sejarah dari abad ke-7 selama pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno.

Ketika Rakai Panangkaran memimpin Mataram Kuno, salah satu raja bawahan, Rakai Walaning Pukumbayoni, berpindah ke daerah yang kini dikenal sebagai Sukowati setelah konflik internal kerajaan. Rakai Walaning dianggap sebagai pendiri Bumi Sukowati.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr