Zaman Penjajahan Lewat! Ini Fakta Menarik Kota Mojokerto yang Cuma 50 Km dari Surabaya, Cerita Asal-Usul Nama dan Sejarah Kota Onde-Onde

Zaman Penjajahan Lewat! Ini Fakta Menarik Kota Mojokerto yang Cuma 50 Km dari Surabaya, Cerita Asal-Usul Nama dan Sejarah Kota Onde-Onde

Mojokerto--

RIVAL.co.id - Mojokerto adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, terletak di barat daya Surabaya.

Kota ini diresmikan sebagai kabupaten pada 9 Mei 1923, menjadikannya sebagai salah satu wilayah tertua di Jawa Timur.



adv

Mojokerto dikenal dengan julukan "Kota Onde-Onde" berkat keberadaan makanan khas Onde-Onde Bo Liem yang telah ada sejak 1929.

Kabarnya, nama Mojokerto berasal dari pohon Maja yang banyak tumbuh di daerah tersebut.

Baca juga: Dijuluki Kota 5 Dimensi, Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Palu yang Tidak Banyak Diketahui, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya


mg2

Baca juga: Bikin Terharu! Ternyata Ini Fakta Menarik Asal-Usul Banyuwangi Lengkap Sejarah Wilayahnya

Asal Usul Nama Mojokerto

Dahulu, Mojokerto bernama "Japan". Nama tersebut muncul pasca Perjanjian Giyanti tahun 1755, yang membagi Kesultanan Mataram menjadi dua: Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta.

Wilayah Japan (sekarang Mojokerto) dan Wirosobo saat itu dipisah. Japan diberikan ke Kasultanan Yogyakarta, sedangkan Wirosobo kepada Kasunanan Surakarta.

Namun, karena berbagai perjanjian dan peristiwa bersejarah, kedua wilayah itu kembali bersatu dan bernama Mojokerto. Nama ini diambil dari kata "mojo", yang berarti pohon Maja, dan "kerto" yang berarti tenteram.

Baca juga: BACA God Jangsan Tiger (Jangsanbeom) Chapter 15 16 Bahasa Indonesia - Manhwa God Jangsanbeom Bahasa Indonesia Episode Terbaru

Baca juga: Ayolo Catat! Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Wahana Pelepas Penat, Berlokasi di Malang Jawa Timur, Cocok Jadi Agenda Berwisata Bersama Keluarga!

Sejarah Mojokerto

Masa Majapahit

Mojokerto dianggap sebagai bekas ibu kota Kerajaan Majapahit, salah satu kerajaan besar di Nusantara yang berdiri sekitar abad ke-13 hingga ke-15.

Tanda-tanda kehadiran Majapahit masih dapat ditemui di Mojokerto, terutama di Trowulan, di mana banyak peninggalan kerajaan seperti candi dan tembikar ditemukan.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr