Ibukota Jawa Tengah Punya Nama Unik dan Misterius? Asal Usul Nama Semarang yang Belum Diketahui, Fakta Sejarah Ungkap Semuanya

Ibukota Jawa Tengah Punya Nama Unik dan Misterius? Asal Usul Nama Semarang yang Belum Diketahui, Fakta Sejarah Ungkap Semuanya

daerah-jonass-hoss/unplash-

RIVAL.co.id - Ibukota Jawa Tengah Punya Nama Unik dan Misterius? Asal Usul Nama Semarang yang Belum Diketahui, Fakta Sejarah Ungkap Semuanya

Kota Semarang, yang kini berperan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Tengah, memegang peranan sejarah yang penting dalam masa lalu, terutama selama masa kekuasaan Hindia Belanda.



adv

Pada zaman dahulu, Kota Semarang adalah salah satu dari tiga pusat pelabuhan utama, bersama dengan Jakarta dan Surabaya, yang menjadi penghubung utama antara wilayah pedalaman Jawa dengan dunia luar.

Kehidupan gemerlap kota ini telah berlangsung sejak zaman purba, khususnya sejak abad ke-8 Masehi.

Kota Semarang memiliki asal usul yang kaya dan berawal dari daerah pesisir yang dikenal dengan nama Pragota, yang merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Kuno.


mg2

Baca juga: Jalur Damai? T’Koes Meminta Agar Masalah dengan Keluarga Koes Plus Diselesaikan Secara Kekeluargaan, Begini Ceritanya!

Baca juga: Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?

Di masa lalu, Pragota adalah pelabuhan strategis yang memiliki gugusan pulau-pulau kecil di depannya.

Seiring berjalannya waktu, gugusan pulau ini secara ajaib menyatu membentuk daratan yang kini dikenal sebagai Kota Semarang.

Salah satu titik bersejarah di kota ini adalah daerah Pasar Bulu yang diyakini menjadi lokasi pelabuhan asli Semarang.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr