Dijuluki Kota 5 Dimensi, Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Palu yang Tidak Banyak Diketahui, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya

Dijuluki Kota 5 Dimensi,  Ternyata Ini Fakta Menarik Kota Palu yang Tidak Banyak Diketahui, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya

Palu--

Baca juga: Detik-detik Mami Icha Mucikari yang Jual ABG Jadi Prostitusi Ditangkap Polisi, Siapa Sosok Sebenarnya? Ini Profil dan Biodatanya

Baca juga: Pembaruan Digital, Dirut Ubah Sistem Menabung Lebih Mudah dan Berpeluang Meskipun Saldo Nol Bebas Limit, Mau Tau Caranya?

Fakta Menarik Kota Palu



adv

Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, terletak di lembah dan teluk Palu. Secara geografis, ia dikelilingi oleh Kabupaten Donggala di sebelah Barat dan Utara, Kabupaten Sigi di sebelah Selatan, serta Kabupaten Parigi Moutong di sebelah Timur.

Kota ini dikenal dengan julukan "Kota Lima Dimensi" karena memiliki lembah, lautan, sungai, pegunungan, dan teluk.

Menurut data pada 2021, jumlah penduduk di kota ini mencapai 372.113 jiwa dengan kepadatan 942 jiwa per km persegi.


mg2

Berikut adalah enam informasi menarik tentang Kota Palu:

Baca juga: Bikin Terharu! Ternyata Ini Fakta Menarik Asal-Usul Banyuwangi Lengkap Sejarah Wilayahnya

1. Asal Nama Palu

Nama "Palu" berasal dari kata "Topalu'e" yang artinya "Tanah yang Terangkat", mengingat kawasan ini awalnya merupakan lautan yang kemudian terangkat menjadi daratan.

Sebagian lainnya berpendapat bahwa nama tersebut berasal dari kata Kaili "Volo", yang merujuk pada bambu, tanaman yang memiliki keterkaitan erat dengan masyarakat suku Kaili.

2. Masjid Terapung

Masjid Arkam Babu Rahman atau dikenal sebagai Masjid Terapung Palu menjadi perhatian setelah gempa 2018. Meski terletak tidak di pusat kota, masjid ini telah menjadi ikon Sulawesi Tengah dengan lokasinya yang unik di teluk Palu.

3. Kawasan Wisata Religi Sis Al Jufrie

Terletak di Jalan Sis Aljufrie, kawasan ini menawarkan berbagai objek wisata belanja dan religi, termasuk makam pendiri Al Khairaat, Sis Al Jufrie, dan beberapa masjid serta sekolah berbasis Islam.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Infotainment Awards 2023, 13 Kategori Bergengsi Best Couple Diperoleh Pasangan Artis Ini

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr