Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?

Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?

daerah-matt-jones/unplash-

Sejarah Bandung juga terkait erat dengan legenda Sangkuriang yang menceritakan asal mula Danau Bandung dan Gunung Tangkuban Perahu.

Menurut legenda ini, danau tersebut pernah mengalir melalui sebuah gua yang bernama Sanghyang Tikoro.



adv

Dari segi geografis, Kota Bandung dikelilingi oleh pegunungan, yang memperkuat bukti bahwa di masa lalu, kota ini mungkin benar-benar merupakan sebuah danau atau telaga.

Baca juga: Ternyata Ini Keseharian dan Sosok Siswa yang Bacok Gurunya di Demak, Tulang Punggung Keluarga dan Kerja Tiap Malam

Baca juga: Siapa Sosok AH? Pelaku Pembunuhan Karyawati di Lobi Mal Jakbar yang Hebohkan Warga, Korban Terima Luka Sayat di Leher


mg2

Selama masa penjajahan Belanda, tepatnya pada tahun 1896, Bandung belum memiliki status sebagai kota resmi, dan jumlah penduduknya sekitar 29.382 orang, dengan mayoritas orang Eropa, terutama orang Belanda.

Namun, pada tanggal 1 April 1906, Kota Bandung secara resmi diberikan status sebagai kota oleh Gubernur Jenderal J.B. van Heutsz, dengan luas wilayah sekitar 900 hektar, yang kemudian berkembang menjadi 8.000 hektar pada tahun 1949.

Salah satu capaian sejarah yang menonjol dalam sejarah Bandung adalah julukan "Bandung Lautan Api." Pada tanggal 24 Maret 1946, sebagian kota ini dibakar oleh pejuang kemerdekaan sebagai strategi perang melawan penjajah.

Kejadian ini mengukuhkan julukan "Bandung Lautan Api" yang masih dikenal hingga saat ini sebagai bagian penting dari sejarah perjuangan kota ini.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr