Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?

Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?

daerah-matt-jones/unplash-

RIVAL.co.id - Dikira Namanya Berasal dari Bahasa Sunda, Asal Usul Nama Bandung Bikin Menggelitik! Akang Teteh Udah Tahu Belum?

Kota Bandung, yang sering dijuluki sebagai "kota kembang" dan "Paris van Java," adalah sebuah kota metropolitan yang kaya akan sejarah dan budaya yang menarik.



adv

Salah satu aspek menarik dari Bandung adalah cerita di balik asal-usul namanya. Nama "Bandung" memiliki beberapa versi asal-usul yang menarik.

Secara historis, ada keyakinan bahwa nama Bandung berasal dari kata 'bendung' atau 'bendungan.' Kisahnya berawal dari Sungai Citarum yang dulu terbendung oleh lava dari Gunung Tangkuban Perahu.

Peristiwa ini menyebabkan daerah Padalarang hingga Cicalengka dan wilayah antara Gunung Tangkuban Parahu hingga Soreang tergenang air dan membentuk sebuah danau besar yang disebut "Danau Bandung" atau "Danau Bandung Purba."


mg2

Seiring berjalannya waktu, danau ini perlahan-lahan surut, dan di bekas daerah danau tersebut, kini berdiri kota yang kita kenal sebagai Bandung.

Baca juga: Agak NGERI Kali Ya, Beginilah Cerita Indro Warkop Selaku Tetangga Letjen MT Haryono di Masa G30SPKI: PKI kah atau siapakah!

Baca juga: Tetap Gemuk Meski Selalu Berolahraga? Kenali Faktor-faktor Penyebab Tubuh Tak Kunjung Langsing Meskipun Sudah Jalani Diet

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr