Bikin Terharu! Ternyata Ini Fakta Menarik Asal-Usul Banyuwangi Lengkap Sejarah Wilayahnya

Bikin Terharu! Ternyata Ini Fakta Menarik Asal-Usul Banyuwangi Lengkap Sejarah Wilayahnya

Banyuwangi--

RIVAL.co.id - Banyuwangi mendapatkan sorotan publik saat cerita KKN Desa Penari menjadi viral pada tahun 2019.

Pada tahun 2022, cerita tersebut diadaptasi menjadi film horor nasional.



adv

Meski lokasi pengambilan gambar film tidak berada di Banyuwangi sesungguhnya, namun asal muasal daerah ini tetaplah menarik untuk dijelajahi.

Baca juga: Agak NGERI Kali Ya, Beginilah Cerita Indro Warkop Selaku Tetangga Letjen MT Haryono di Masa G30SPKI: PKI kah atau siapakah!

Baca juga: Fantatis! Bocoran Dana Mega Proyek Jalan Tol Terbesar di IKN Bisa Tembus 8,53 Trilliun? Balikpapan ke Ibu Kota Negara Cuma 30 Menit

Sejarah Nama Banyuwangi


mg2

Banyuwangi terletak di ujung timur Jawa, berbatasan dengan Situbondo di utara, Samudera Indonesia di selatan, Bondowoso di barat, dan Selat Bali di timur. Dengan luas sekitar 5.782,50 km persegi, Banyuwangi menjadi kabupaten terluas di Jawa Timur.

Menurut cerita rakyat, Banyuwangi pernah dipimpin oleh Raja Prabu Sulahkromo.

Raja ini memiliki patih setia bernama Patih Sidopekso yang menikah dengan wanita cantik bernama Sri Tanjung. Sang Raja tergila-gila dengan kecantikan Sri Tanjung dan berusaha merayunya dengan segala cara.

Setelah gagal dalam upayanya, Sang Raja memfitnah Sri Tanjung, mengatakan kepada Patih Sidopekso bahwa istrinya telah menggoda Sang Raja selama Patih pergi. Marah dan kecewa, Patih Sidopekso berencana membunuh Sri Tanjung.

Sebelum kematiannya, Sri Tanjung meminta untuk dicelupkan ke sungai jika darahnya menyebabkan sungai menjadi busuk, itu berarti ia bersalah. Tetapi jika sungai tersebut berbau harum, berarti ia tidak bersalah.

Baca juga: Pahami Harga Sistem CVT Motor Matic Ori: Inilah Penjelasan Lengkapnya Beserta Cara Kerja Lebih Simpel untuk Pengendara!

Baca juga: Ternyata Ini Keseharian dan Sosok Siswa yang Bacok Gurunya di Demak, Tulang Punggung Keluarga dan Kerja Tiap Malam

Saat Patih Sidopekso menusuk istrinya, darah Sri Tanjung yang mencuat membuat air sungai berbau harum. Menyadari kesalahannya, dengan hati penuh penyesalan, Patih Sidopekso meratap sambil mengucap "Banyu... wangi..." yang dalam bahasa Jawa berarti "Air... wangi...".

Inilah asal muasal nama Banyuwangi.

Banyuwangi berasal dari kisah tragis yang menggambarkan kesetiaan dan cinta sejati Sri Tanjung pada suaminya.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr