Inilah Penjelasan Tentang Harga Transmisi Variabel Kontinu (CVT) Motor Matic Original serta Cara Operasinya pada Kendaraan, Solusi Tanpa Repot!

Inilah Penjelasan Tentang Harga Transmisi Variabel Kontinu (CVT) Motor Matic Original serta Cara Operasinya pada Kendaraan, Solusi Tanpa Repot!

Ilustrasi-Shutter_Speed/pixabay-

Peran V Belt dalam CVT

V belt atau sabuk penggerak adalah komponen penting yang menghubungkan pulley primer dan sekunder. V belt mengalami pergerakan naik dan turun sesuai dengan diameter pulley primer.



adv

Saat diameter pulley primer berkurang, diameter pulley sekunder bertambah, dan sebaliknya. Inilah yang memungkinkan motor matic untuk berjalan secara otomatis, tanpa perlu mengganti gigi seperti pada sepeda manual.

Motor Matic Generasi CVT

Berkat teknologi CVT, lahir lah motor generasi matic. Pengendara tidak perlu lagi repot-repot mengganti gigi saat kecepatan sepeda berada di posisi tinggi atau rendah. CVT menjadikan pengalaman berkendara lebih lancar dan efisien.


mg2

Baca juga: Ayolo Catat! Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Wahana Pelepas Penat, Berlokasi di Malang Jawa Timur, Cocok Jadi Agenda Berwisata Bersama Keluarga!

Baca juga: Jadwal Lengkap Gilga Sahid Oktober 2023: Surabaya, Solo hingga Jakarta, Duet Bareng Didi Kempot Music Concert

Harga dan Merk CVT

Untuk penggantian atau pemeliharaan CVT, harga perangkat CVT dapat bervariasi tergantung pada merknya. Untuk merk Honda, perangkat CVT seperti pulley primer dijual mulai dari Rp60.000, sedangkan pulley sekunder mulai dari Rp140.000.

V belt juga tersedia dengan harga mulai dari Rp105.000, sehingga total biaya untuk satu set CVT berkisar sekitar Rp305.000.

Sementara untuk merk Yamaha, harga v belt orinya berkisar antara Rp81.000 hingga Rp164.000, dan pulley set orinya dijual mulai dari Rp400.000.

Sedangkan untuk Daihatsu, v belt orinya dijual mulai dari Rp140.000, dan pulley set orinya dijual mulai dari Rp200.000.

***

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr