Pahami Harga Sistem CVT Motor Matic Ori: Inilah Penjelasan Lengkapnya Beserta Cara Kerja Lebih Simpel untuk Pengendara!

Pahami Harga Sistem CVT Motor Matic Ori: Inilah Penjelasan Lengkapnya Beserta Cara Kerja Lebih Simpel untuk Pengendara!

Ilustrasi-422737/pixabay-

Pulley primer adalah komponen yang terhubung dengan poros mesin. Keunikan pulley primer terletak pada kemampuannya untuk mengubah diameter ukurannya saat putaran mesin semakin cepat. Ini adalah salah satu rahasia di balik kecerdasan CVT.

Di sisi lain, pulley sekunder terhubung dengan keluaran poros yang menggerakkan roda belakang. Ketika V belt bergerak turun akibat peningkatan pada pulley primer, diameter pulley sekunder akan naik secara otomatis.



adv

Dengan kata lain, pulley sekunder juga dapat berubah-ubah ukurannya, yang membantu mengkompensasi gerakan yang dihasilkan oleh pulley primer.

V Belt: Sabuk Penghubung yang Penting

Salah satu komponen penting lainnya dalam CVT adalah V belt atau sabuk penggerak. V belt adalah elemen yang menghubungkan pulley primer dan sekunder. Pergerakan naik dan turun V belt sesuai dengan perubahan diameter pulley primer.

Saat diameter pulley primer berkurang, diameter pulley sekunder akan bertambah, dan sebaliknya. Inilah yang memungkinkan motor matic untuk bergerak secara otomatis tanpa perlu campur tangan pengendara, berbeda dengan sepeda manual yang harus mengganti gigi secara manual.


mg2

Baca juga: Ayolo Catat! Ini 5 Rekomendasi Destinasi Wisata Wahana Pelepas Penat, Berlokasi di Malang Jawa Timur, Cocok Jadi Agenda Berwisata Bersama Keluarga!

Baca juga: Farida Nurhan Sebut Sengaja Pancing Codeblu Tunjukan Wajah Demi Kesejahteraan UMKM? Begini Penjelasan Lengkapnya

Revolusi Motor Matic Berkat CVT

Berkat CVT, lahirlah generasi motor matic yang mengubah cara kita berkendara. Pengguna tidak perlu lagi repot-repot mengganti gigi ketika kecepatan sepeda berubah-ubah antara tinggi dan rendah. Semua itu berkat otomatisasi yang diciptakan oleh CVT.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr