Jangan Terkejut, Ini Fakta Menarik yang Hanya ada di Kebumen, Ngak Ketinggalan Info Seputar Asal-usul, Sejarah Nama, Lokasi, dan Obyek Wisata

Jangan Terkejut, Ini Fakta Menarik yang Hanya ada di Kebumen, Ngak Ketinggalan Info Seputar Asal-usul, Sejarah Nama, Lokasi, dan Obyek Wisata

Kebumen--

RIVAL.co.id -  Kebumen adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah.

Dari Kabupaten Purworejo, jarak ke Kebumen kurang lebih 42,8 km atau sekitar satu jam perjalanan. Kabupaten ini berbatasan dengan:



adv

Baca juga: Akhirnya Identitas Food Vlogger Codeblu Terungkap, Tampang Ngak Seperti Chef Juna, Tapi Ternyata Lulusan S2

Baca juga: Profil dan Biodata Fujianti Utami Lengkap dengan Medsos, Mantan Thariq Halilintar yang Sering Dihubungkan dengan Asnawi

  • Timur: Kabupaten Purworejo dan Wonosobo
  • Utara: Kabupaten Banjarnegara
  • Barat: Kabupaten Banyumas dan Cilacap
  • Selatan: Samudra Indonesia

Dengan luas wilayah mencapai sekitar 128.111,5 hektar, Kebumen memiliki populasi sekitar 1.350.438 jiwa berdasarkan data BPS tahun 2020.

Asal Nama Kebumen


mg2

Sejarah Kebumen sangat erat kaitannya dengan sejarah Mataram Islam. Saat itu, Kebumen termasuk dalam wilayah Manca Negara Kulon, berada di bawah kekuasaan Mataram.

Nama "Kebumen" berasal dari tokoh Kyai Pangeran Bumidirja, seorang bangsawan ulama dari Mataram dan adik dari Sultan Agung Hanyokro Kusumo.

Dia dikenal sebagai penasihat yang berani menegur raja.

Baca juga: Petunjuk dan Tips Membuat Perkedel Tahu Pedas Bikin Lidah Bergoyang, Sajian Ini Wajib Dicoba saat Nasi Hangat Menggoda Selera Makan!

Baca juga: Detail Kematian Gadis Berpakaian Pramuka di Pemalang: Pelaku Tukar Baju Korban Sebelum Aksi Pembuangan, Curi Sepedah dan Cekik Leher!

Setelah suatu insiden dengan Sunan Amangkurat I, dia memilih meninggalkan kerajaan dan mengambil nama Kyai Bumi.

Ia kemudian mendirikan sebuah pondok yang dikenal dengan nama daerah Ki Bumi atau Ki Bumian, yang lama-kelamaan menjadi "Kebumen".

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr