Pernah Dihuni Manusia Purba, Simak Fakta Menarik Gunungkidul Beserta Sejarah dan Asal-Usul Namanya

Pernah Dihuni Manusia Purba, Simak Fakta Menarik Gunungkidul Beserta Sejarah dan Asal-Usul Namanya

Gunungkidul--

Baca juga: Profil, Biodata dan Medsos Farida Nurhan, Food Vlogger yang Berseteru dengan Codeblu, Awalnya Cuma Ngak Terima Review Jujur

Berdasarkan sumber resmi dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, pada tahun 1831, Kabupaten Gunungkidul resmi didirikan dengan kepala daerah pertamanya adalah Mas Tumenggung Pontjodirjo.



adv

Pemerintahan awalnya berada di Pati Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong. Kemudian, pusat pemerintahan dipindahkan ke Wonosari, yang hingga saat ini masih menjadi ibu kota kabupaten.

Setelah Indonesia merdeka, berdasarkan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 1950, pemerintahan Kabupaten Gunungkidul diperkuat dengan pembentukan lembaga legislatif.

Pada masa tersebut, Yogyakarta memiliki dua daerah Swapraja: Kasultanan Yogyakarta dan Pakualaman.


mg2

Sehingga, di bawah kabupaten, terdapat struktur pemerintahan Kawedanan, Kapanewon, dan Kalurahan.

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Wonosari merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Gunungkidul.

Nama "Gunungkidul" dalam Bahasa Jawa berarti "Gunung di Selatan", mengacu pada lokasinya yang berada di Pegunungan Kidul Yogyakarta.

Meskipun wilayahnya mencakup sekitar sepertiga dari luas Daerah Istimewa Yogyakarta, kepadatan penduduk di Gunungkidul lebih rendah dibandingkan kabupaten lain di provinsi tersebut.

Pada tahun 2018, populasi di Gunungkidul mencapai 736.210 jiwa, terdiri dari 355.282 laki-laki dan 380.928 perempuan.

Baca juga: Bingung Cara Beli E Materai untuk CPNS 2023? Cek Video Tutorial BKN di Sini! Beserta Link Beli-nya dan Cara Membelinya

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr