Intip Fakta Menarik dari Pekanbaru yang Harus Kamu Tahu! Ungkap Asal-Usul dan Sejarah Kota Bertuah

Intip Fakta Menarik dari Pekanbaru yang Harus Kamu Tahu! Ungkap Asal-Usul dan Sejarah Kota Bertuah

Pekanbaru --

RIVAL.co.id - Pekanbaru adalah kota terbesar dan ibu kota Provinsi Riau.

Kota ini terkenal sebagai pusat perdagangan dan jasa, serta memiliki tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi di Pulau Sumatera.



adv

Meskipun jumlah penduduknya lebih sedikit dibandingkan dengan Palembang dan Padang, pertumbuhan Kota Pekanbaru lebih pesat.

Baca juga: Bongkar Rahasia! 7 Kiat Ampuh untuk Mengatasi Komedo di Wajah agar Anda Selalu Tampil Penuh Percaya Diri dengan Kulit Cerah!

Baca juga: Pratama Arhan Dikabarkan Segera Merapat ke Klub Liga Korea Selatan, Ini Profil Suwon FC yang Siap Boyong Arhan dari Tokyo Verdy


mg2

Hal ini didukung oleh posisinya yang strategis, terletak di jalur lintas timur Pulau Sumatera, dan memiliki konektivitas dengan beberapa kota penting seperti Medan, Padang, dan Jambi.

Selain itu, Kota Pekanbaru juga berada di persimpangan pertumbuhan antara Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

Sebelum menjadi salah satu kota besar di Sumatera, Kota Pekanbaru memiliki sejarah yang panjang. Awalnya, kota ini bernama Senapelan dan dipimpin oleh seorang kepala suku yang disebut Batin.

Daerah ini awalnya adalah ladang perkebunan dan kemudian berkembang menjadi perkampungan. Selanjutnya, daerah ini menjadi dusun yang dikenal sebagai Dusun Payung Sekaki, yang terletak di muara Sungai Siak.

Meskipun, masyarakat lebih mengenalnya dengan nama Senapelan, yang digunakan sebagai tempat perhentian kapal-kapal Belanda selama masa kekuasaan VOC.

Baca juga: Sosok Yasonna Laoly, Lengkap Profil Menteri Hukum yang Mutasi 120 Pejabat Tinggi Kemenkumham

Baca juga: Eksotis Sekali Wisata Pantai Jogja: 3 Destinasi Pantai dengan Pemandangan Mempesona yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Perkembangan Senapelan berkaitan erat dengan perkembangan Kerajaan Siak Sri Indrapura.

Ketika Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah menetap di Senapelan, sebuah istana didirikan di Kampung Bukit, dekat perkampungan Senapelan.

Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah mencoba untuk memulai pasar di Senapelan, tetapi upaya ini tidak berhasil.

Di bawah pemerintahan putranya, Raja Muda Muhammad Ali, yang bergelar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazamsyah, pasar dipindahkan ke lokasi baru di sekitar Pelabuhan Pekanbaru saat ini.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr