Intip Fakta Menarik dari Pekanbaru yang Harus Kamu Tahu! Ungkap Asal-Usul dan Sejarah Kota Bertuah

Intip Fakta Menarik dari Pekanbaru yang Harus Kamu Tahu! Ungkap Asal-Usul dan Sejarah Kota Bertuah

Pekanbaru --

Baca juga: Ketagihan Habisi Nyawa? Jejak Kriminal Arthur Leigh Welohr Pelaku Pembunuhan Ayah Mertua di Banjar, Sudah Bermasalah Sejak Usia 26 Tahun!

Baca juga: Demen Drama Korea? Cek Daftar Drakor Komedi Romantis Terbaik Tahun 2023, Gak Bakal Bosan!



adv

Pada tanggal 23 Juni 1784, berdasarkan musyawarah datuk-datuk dari empat suku (Pesisir, Lima Puluh, Tanah Datar, dan Kampar), nama Senapelan diganti menjadi Pekan Baharu, yang kemudian disederhanakan menjadi Pekanbaru.

Tanggal 23 Juni 1784 ditetapkan sebagai hari jadi Kota Pekanbaru. Sejak saat itu, Pekanbaru menjadi ibu kota Siak dan menjadi tempat pertemuan pedagang dari Selat Malaka, Minangkabau, dan Petapahan.

Dalam perkembangannya, Kerajaan Siak dibagi menjadi 10 provinsi, salah satunya adalah Provinsi Pekanbaru. Pekanbaru kemudian menjadi ibu kota provinsi pada tahun 1916.


mg2

Sejak itu, Pekanbaru mengalami sejumlah perubahan dalam sistem pemerintahannya, hingga akhirnya menjadi Kota Pekanbaru seperti yang kita kenal saat ini.

Baca juga: Hotel Bekas Kamp Adolf Hitler, Menelisik Kisah di Balik Tempat Bersejarah, hingga Kini Mengundang Wisatawan ke Kawasan Paling Menyita Perhatian

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr