Dijuluki Sebagai Kota Perwira, ini Fakta yang Harus Ketahui Tentang Kabupaten Pubalingga, Salah Satunya Asal-Usul Penamaan Wilayah

Dijuluki Sebagai Kota Perwira, ini Fakta yang Harus Ketahui Tentang Kabupaten Pubalingga, Salah Satunya Asal-Usul Penamaan Wilayah

Purbalingga--

RIVAL.co.id - Purbalingga adalah sebuah wilayah yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Nama Purbalingga berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri dari dua suku kata, yaitu "purba" dan "lingga."

"Purba" memiliki arti memimpin atau pemimpin, sedangkan "lingga" adalah lambang atau simbol kekuasaan pria.



adv

Konon, kota ini didirikan oleh Kyai Arsayuda, yang dipercayai sebagai leluhur para bupati Purbalingga. Kyai Arsayuda adalah anak dari Kyai Arsantaka, yang pada awalnya dikenal sebagai Kyai Arsakusuma ketika masih muda.

Baca juga: Bongkar Rahasia! 7 Kiat Ampuh untuk Mengatasi Komedo di Wajah agar Anda Selalu Tampil Penuh Percaya Diri dengan Kulit Cerah!

Baca juga: Pratama Arhan Dikabarkan Segera Merapat ke Klub Liga Korea Selatan, Ini Profil Suwon FC yang Siap Boyong Arhan dari Tokyo Verdy


mg2

Kyai Arsantaka adalah putra dari Bupati Onje II, meskipun tanggal kelahirannya tidak diketahui dengan pasti.

Kyai Arsantaka pergi berkelana ke arah timur hingga sampai di Desa Masaran. Di sana, ia diangkat sebagai anak oleh Kyai Wanakusuma, yang masih memiliki garis keturunan Kyai Ageng Giring dari Mataram.

Pada tahun 1760-an, Kyai Arsantaka diangkat menjadi demang di Kademangan Pagendolan yang berada di bawah pemerintahan Karangwelas.

Sebuah perang saudara antara Pangeran Mangkubumo dan Pakubuwana II terjadi, dan Kyai Arsantaka memihak kepada Pakubuwana II.

Oleh karena itu, Tumenggung Yudanegara, yang merupakan Adipati Banyumas yang berada di bawah Surakarta, mengangkat putra Kyai Arsantaka sebagai menantunya.

Baca juga: Eksotis Sekali Wisata Pantai Jogja: 3 Destinasi Pantai dengan Pemandangan Mempesona yang Tidak Boleh Dilewatkan!

Putra Kyai Arsantaka ini kemudian menjadi Tumenggung Karangwelas dengan gelar Raden Tumenggung Dipayuda III.

Selanjutnya, pusat pemerintahan dipindahkan dari Karangwelas ke Desa Purbalingga, dan hal ini diikuti oleh pembangunan berbagai fasilitas lainnya. Sejak saat itu, Purbalingga terus berkembang hingga saat ini.

Kabupaten Purbalingga terletak di Provinsi Jawa Tengah, bagian barat daya, dan berbatasan dengan Kabupaten Pemalang, Pekalongan, Banjarnegara, dan Banyumas.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr