Fakta Wilayah Berjuluk Bumi Kartini, Jepara Ternyata Dulunya Ngak Masuk Pulau Jawa, Simak Juga Asal-Usul Penamaanya

Fakta Wilayah Berjuluk Bumi Kartini, Jepara Ternyata Dulunya Ngak Masuk Pulau Jawa, Simak Juga Asal-Usul Penamaanya

Jepara--

RIVAL.co.id - Fakta Wilayah Berjuluk Bumi Kartini, Jepara Ternyata Dulunya Ngak Masuk Pulau Jawa, Simak Juga Asal-Usul Penamaanya.

Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini, untuk menghormati pahlawan nasional Raden Ajeng Kartini (R.A Kartini) yang lahir di Jepara.



adv

RA Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Kota kelahiran pejuang emansipasi ini adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Langsung Baca Manhwa The Bully In Charge Chapter 65 Sub Indo - Designated Bully 65 Bahasa Indonesia RAW ENG

Baca juga: Detail Kematian Gadis Berpakaian Pramuka di Pemalang: Pelaku Tukar Baju Korban Sebelum Aksi Pembuangan, Curi Sepedah dan Cekik Leher!


mg2

Kota Jepara memiliki sejarah menarik, serta asal-usul nama yang kaya makna. Namun, sejarah dan asal-usul nama Jepara cukup menarik untuk diselidiki, serta mengapa disebut Jepara?

Menurut peneliti sejarah Hindia Belanda Cornelis Lekkerkerker, kata "Jepara" berasal dari kata "ujungpara" yang kemudian berubah menjadi kata Ujung Mara, Jumpara, dan akhirnya menjadi Jepara atau Japara.

Kata Ujungpara berasal dari bahasa Jawa yang terdiri atas dua kata, yaitu Ujung dan Para. Kata Ujung (seperti dalam bahasa Indonesia) berarti “bagian daratan yang menjorok jauh ke laut”, sedangkan kata Para, berarti "menunjukkan arah”.

Baca juga: Siapa Sosok TR Fahsul Falah? Profil Pj Bupati Sinjai, Pejabat yang Dikabarkan Sebagai Orang Kepercayaan Tito Karnavian

Baca juga: Kuliner Terendul di Jogja Hanya Sedikit Orang yang Mengetahuinya, Coba Tebak di Mana Lokasi dan Daftar Harganya!

Dengan demikian, kedua kata tersebut, jika digabung, akan berarti suatu daerah yang letaknya menjorok jauh ke laut.

Sumber lain mengartikan Para sebagai Pepara, yang artinya bebakulan mrono mrene, yang kemudian diartikan sebagai sebuah ujung tempat bermukimnya para pedagang dari berbagai daerah.

Sejarah dan asal usul nama Jepara kemudian berkembang dengan berbagai sebutan. Orang Jawa menyebut nama kota yang dijuluki Bumi Kartini ini menjadi Jeporo, dan orang Jawa yang menggunakan bahasa krama inggil menyebut Jepara menjadi Jepanten.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr