Ngak Mudah! Ternyata Ini Tata Cara Cek Keaslian E-meterai, Cermati Ciri-cirinya, Gampangnya Pakai Ini

Ngak Mudah! Ternyata Ini Tata Cara Cek Keaslian E-meterai, Cermati Ciri-cirinya, Gampangnya Pakai Ini

Cara Cek Keaslian E-meterai--

RIVAL.co.id - Ngak Mudah! Ternyata Ini Tata Cara Cek Keaslian E-meterai, Cermati Ciri-cirinya, Gampangnya Pakai Ini

Ini adalah cara memastikan keaslian materai elektronik atau e-meterai yang digunakan:



adv

Materai elektronik atau e-meterai adalah bukti pembayaran pajak kepada negara atas pembuatan dokumen atau berkas dalam bentuk digital.

Baca juga: Cara Beli, Pasang & Harga E-Meterai, Salah Satu Syarat CPNS dan PPPK 2023

Baca juga: Kartu Prakerja Gelombang 61 Ditutup, Jangan Berhenti Dulu! Simak Tahapan Selanjutnya Dapat Bantuan Dana dari Pemerintah


mg2

Proses pembelian dan penggunaan materai elektronik berbeda dengan materai tempel konvensional.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2021, penggunaan materai elektronik dilakukan dengan cara menempelkannya pada dokumen melalui sistem tertentu.

Namun, perlu diingat bahwa ada pihak yang tidak bertanggung jawab yang sengaja memalsukan e-meterai ini, yang dapat merugikan pembeli.

Selain risiko keuangan yang timbul akibat pembelian e-meterai palsu, pengguna juga berisiko mengalami kebocoran data.

Baca juga: Jadwal Carabao Cup Pekan Ini: Ada Newcastle vs Man City, MU vs Crystal Palace, Chelsea vs Brighton, Liverpool vs Leicester

Baca juga: TikTok Shop Diinstruksikan Untuk Menghentikan Aktivitas Penjualan Barang oleh Menkominfo, Guna Menjaga Keamanan Data Nasional?

Dokumen dengan materai umumnya berisi data-data penting tentang pembeli dan penerima, sehingga masyarakat harus lebih berhati-hati sebelum membeli materai elektronik dan menggunakannya.

E-meterai ini dapat diperoleh melalui situs resmi yang telah terdaftar seperti PT Peruri Digital Security, PT Finnet Indonesia, PT Mitra Pajakku, PT Mitracomm Ekasarana, dan Koperasi Pegawai Swadharma.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr