Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta Menarik Banjarmasin, Kota Berjuluk Seribu Sungai, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya

Ngak Banyak yang Tahu! Ternyata Ini Fakta Menarik Banjarmasin, Kota Berjuluk Seribu Sungai, Simak Asal-Usul Nama dan Sejarahnya

Banjarmasin--

RIVAL.co.id - Kota Banjarmasin memiliki sejarah dan cerita unik yang terkait dengan asal-usul nama kota ini.

Sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan Selatan, Banjarmasin memiliki sejarah panjang yang mencerminkan peran strategisnya dalam perdagangan dan perkembangan wilayah sekitarnya.



adv

Asal-usul nama Banjarmasin dapat dijelaskan sebagai berikut:

Baca juga: FAST UPDATE! Baca Not Your Typical Reincarnation Story Full Chapter 34 Bahasa Indonesia, Full Chapter Sub Indo Bukan di Komikcast

Baca juga: Cegah Sebelum Terlambat! Begini Cara Mendeteksi Kanker Prostat Secara Dini dengan Menyadari Kemunculan Tanpa Gejala!


mg2

Banjarmasih: Nama awal dari kota ini adalah Banjarmasih, yang berasal dari nama salah satu patih yang berjasa dalam pendirian Kerajaan Banjar, yaitu Patih Masih.

Patih Masih berasal dari Desa Oloh Masih, yang dalam bahasa Ngaju berarti "orang Melayu" atau "Kampung Orang Melayu." Desa Oloh Masih kemudian menjadi Kampung Banjarmasih.

Peran Pangeran Samudera: Sejarah Banjarmasin juga terkait erat dengan Pangeran Samudera, yang kemudian menjadi Sultan Suriansyah.

Pangeran Samudera adalah raja pertama di Kalimantan Selatan yang memeluk Islam. Ia mengasingkan diri di Desa Olo Masih dan setelah memeluk Islam, berganti nama menjadi Sultan Suriansyah.

Baca juga: Adinda Thomas? Profil, Biodata dan Medsos Artis yang Jadi Lawan Main El Gibran di Film Bangsatnya Cinta Pertama

Baca juga: Resep Mudah dan Praktis! Coba Resep Plecing Kangkung Khas Lombok yang Bisa Disiapkan dalam Waktu2 Menit!

Pangeran Samudera memainkan peran penting dalam pembentukan Kerajaan Banjar dan memerintah dari tahun 1526 hingga 1550.

Konflik dengan Daha: Perjalanan sejarah Banjarmasin juga mencakup konflik dengan Kerajaan Daha (Kerajaan Majapahit), yang berusaha menguasai wilayah ini.

Konflik tersebut menyebabkan Pangeran Samudera meminta bantuan dari Kerajaan Demak, yang pada saat itu merupakan kerajaan Islam pertama dan terbesar di Nusantara.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr