Cegah Sebelum Terlambat! Begini Cara Mendeteksi Kanker Prostat Secara Dini dengan Menyadari Kemunculan Tanpa Gejala!

Cegah Sebelum Terlambat! Begini Cara Mendeteksi Kanker Prostat Secara Dini dengan Menyadari Kemunculan Tanpa Gejala!

Ilustrasi dokter-geraldoswald62/pixabay-

4. Pemeriksaan Penunjang Lainnya Terkadang, dokter juga akan merujuk pasien untuk pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan urin, pemeriksaan fungsi ginjal, atau ultrasonografi (USG) sesuai dengan indikasi medis.

Pentingnya Pemeriksaan Dini



adv

Pemeriksaan dini bertujuan untuk mengidentifikasi pasien dengan risiko tinggi. Mereka yang berisiko tinggi kemudian akan menjalani pemeriksaan lanjutan seperti MRI prostat dan biopsi.

Selain itu, pemeriksaan dini juga sangat penting untuk mendeteksi kanker prostat pada tahap awal. Dengan mendeteksi kanker prostat lebih awal, intervensi dapat dilakukan lebih cepat, yang dapat meningkatkan prognosis.

Hasil Pemeriksaan: Langkah Selanjutnya


mg2

Hasil dari pemeriksaan akan menjadi penentu langkah selanjutnya bagi pasien. Ini dapat mencakup jadwal pemeriksaan follow-up berkala, pemeriksaan lebih lanjut untuk mengkonfirmasi diagnosis, atau memulai tindakan pengelolaan kanker prostat.

Baca juga: Adinda Thomas? Profil, Biodata dan Medsos Artis yang Jadi Lawan Main El Gibran di Film Bangsatnya Cinta Pertama

Baca juga: Mau Prewedding Rasa di Luar Negeri? Berikut Rekomendasi Tempat Foto Prewed Paling Estetik: Harga Terjangkau, Sejuk dan Penuh Fasilitas yang Lengkap!

Statistik Kanker Prostat

Menurut data dari Global Burden of Cancer Study (Globocan) pada tahun 2020, kanker prostat adalah penyebab kematian nomor enam terbanyak pada pria.

Angka insidens globalnya mencapai 30.7 per 100.000 pria, dengan angka kematian sebesar 7.7 per 100.000 pria. Di Indonesia, kanker prostat menempati urutan ke-5 dalam daftar kasus kanker terbanyak pada pasien laki-laki.

Dengan angka kejadian sebesar 11.6 kasus per 100.000 pria dan angka kematian sebesar 4.5 per 100.000 pria.

***

 

 

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr