Siapa Itu Nyi Endang Darma? Asal Usul Nama Indramayu dan Kisah Bukit Pasir Dibalik Sejarah Kota Indramayu Jawa Barat

Siapa Itu Nyi Endang Darma? Asal Usul Nama Indramayu dan Kisah Bukit Pasir Dibalik Sejarah Kota Indramayu Jawa Barat

43 KM dari Deli Serdang, Desa di Sumatera Utara ada Akses Jembatan Ekstrem Bikin Kaki Lemes!-freestockcenter/freepik-

Cerita dan asal usul Indramayu 

Bersama-sama, mereka memulai perjalanan membangun pedukuhan Indramayu.

Dalam perjalanan itu, Nyi Endang Darma mengemukakan permintaannya kepada Raden Wiralodra agar pedukuhan yang mereka bangun dinamai dengan namanya, Darma Ayu.



adv

Usulan ini pun diterima dengan baik, dan pedukuhan tersebut kemudian diberi nama Indramayu. Nama ini menjadi sebuah simbol kebersamaan dan komitmen mereka dalam membangun wilayah tersebut.

Menurut catatan sejarah dalam Babad Dermayu, orang pertama yang menetap di daerah Indramayu adalah Raden Aryalodra, yang berasal dari Bagelen, Jawa Tengah, dan merupakan putra dari Tumenggung Gagak Singalodra.

Kejadian menarik terjadi ketika Raden Wiralodra sedang menjalani tapa brata dan melakukan meditasi di perbukitan Melaya, yang terletak di lereng Gunung Sumbing.


mg2

Baca juga: Tragedi Maut! Kronologi Kematian Misterius Brigpol Setyo Herlambang, Penuh Luka Tembak yang Tembus Jantung dan Paru, Tersangka Belum Ditemukan?

Baca juga: Masya Allah! Tertangkap Kamera CCTV, Pria Tendang Kepala Sejumlah Bocak di Masjid

Setelah tiga tahun menjalani tapa brata tersebut, Raden Wiralodra mendapat wahyu yang mengatakan bahwa untuk mencapai kebahagiaan dan kesuksesan keturunan di masa depan, ia harus mencari lembah Sungai Cimanuk.

Di sana, Wiralodra diminta untuk membersihkan lahan dengan menebang belukar untuk membangun sebuah padukuhan dan menetap di sana.

Dari cerita ini, kita dapat melihat betapa berharga dan bersejarahnya asal usul nama Indramayu yang kini kita kenal.

Sebuah kisah yang menggambarkan semangat kerjasama, perjuangan, dan komitmen dalam membangun sebuah daerah yang kini telah berkembang menjadi kabupaten yang indah di pesisir Jawa Barat.***

TAG: #indramayu
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr