Syok Gak Nih! Nama Banten Teryata Berasal dari Bahasa Sunda yang Artinya Ini, Bikin Gak Nyangka Sejarahnya Penuh Makna

Syok Gak Nih! Nama Banten Teryata Berasal dari Bahasa Sunda yang Artinya Ini, Bikin Gak Nyangka Sejarahnya Penuh Makna

daerah-berna-tosun/pexels-

Asal usul nama Banten

Terpesona oleh keindahannya, ia spontan meneriakkan kata "Serang!" yang tak lain berarti "sawah." Tindakan ini melekat kuat dalam ingatan, dan sejak saat itu, daerah tersebut dikenal dengan sebutan Serang, yang dalam bahasa Sunda mengandung arti yang sama, yaitu sawah.

Namun, ada versi lain mengenai asal-usul nama Serang, yang menyebutkan bahwa istilah ini berasal dari bahasa Jawa Banten, "se-erang," yang berarti "sekelompok" atau "seikat."



adv

Penamaan ini merujuk pada pemukiman-pemukiman di wilayah Serang pada masa lalu, yang terbentuk secara berkelompok, di mana setiap kelompok terdiri dari puluhan rumah.

Baca juga: Siapa Sangka Nama Kota Jambi Penuh Misteri, Bikin Bergidik! Asal Usul Sejarah dan Fakta Menarik Kota Jambi Ini Baru Diketahui

Baca juga: ASTAGFIRULLAH! Debt Collector Nyelonong Langsung Buka Celana, Iming-Iming Potong Utang Rp 200 Ribu


mg2

Maka, tak dapat disangkal bahwa Serang memancarkan daya tariknya dengan sejarah yang kaya dan nama yang sarat makna.

Perbedaan dalam cerita asal-usulnya menambah pesona dan misteri kota ini, menawarkan cerita yang memikat bagi siapa pun yang ingin menggali lebih dalam tentang pesona Serang.

Provinsi Banten dan terkenal sebagai pusat budaya Sunda Banten. Nama "Serang" diyakini berasal dari kata bahasa Sunda yang berarti "sawah" atau mungkin dari bahasa Jawa Banten yang berarti "sekelompok."

Sebelum menjadi kota pada tahun 2007, Serang memiliki sejarah panjang yang menciptakan identitasnya yang unik. Kota ini memikat pengunjung dengan cerita asal-usul yang menarik dan pesona budaya yang khas.***

 

 

TAG: #banten
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr