Loh Nama Bontang Berasal dari Bahasa Belanda? Fakta Sejarah Ungkap Cerita Asli Lengkap Fakta Menarik Daerah di Kalimantan Timur

Loh Nama Bontang Berasal dari Bahasa Belanda? Fakta Sejarah Ungkap Cerita Asli Lengkap Fakta Menarik Daerah di Kalimantan Timur

daerah-paulo-sayrol/unplash-

RIVAL.co.id - Loh Nama Bontang Berasal dari Bahasa Belanda? Fakta Sejarah Ungkap Cerita Asli Lengkap Fakta Menarik Daerah di Kalimantan Timur. 

Bontang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur, memancarkan pesona keunikan dalam sejarahnya.



adv

Jaraknya sekitar 120 kilometer dari Samarinda, dan saat ini, kota ini menampung tiga kekuatan besar dari beragam sektor. 

Badak NGL yang menggurita dalam bidang gas alam, Pupuk Kalimantan Timur yang merajai dunia pupuk, dan Indominco Mandiri yang gemilang dalam industri batubara.

Namun, sebelum mencapai puncak kemegahan industri dan perdagangan, Bontang adalah sekadar sebuah perkampungan sederhana yang bersemayam di tepi aliran sungai yang menawan.


mg2

Ternyata, asal-usul nama "Bontang" memiliki kisahnya sendiri yang menggoda rasa ingin tahu.

Bontang, entah bagaimana caranya, mengambil akar dari bahasa Belanda dan Inggris. Kata "bond" dalam bahasa Belanda merujuk pada kumpulan atau ikatan persaudaraan, sedangkan "tang" bersumber dari kata pendatang dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Terungkap Asal Usul Nama Tolitali Sulawesi Tengah yang Penuh Makna, Bikin Merinding! Begini Sejarah dan Fakta Menariknya

Baca juga: Tragedi Maut! Kronologi Kematian Misterius Brigpol Setyo Herlambang, Penuh Luka Tembak yang Tembus Jantung dan Paru, Tersangka Belum Ditemukan?

TAG: #bontang
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr