Terungkap Fakta Asal Usul Nama Kabupaten Jombang, Ternyata Dulunya Bagian Dari Wilayah Ini

Terungkap Fakta Asal Usul Nama Kabupaten Jombang, Ternyata Dulunya Bagian Dari Wilayah Ini

Jombang--

RIVAL.co.id - Kabupaten Jombang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Meskipun sekarang menjadi kabupaten, Jombang adalah salah satu kabupaten muda di Jawa Timur yang didirikan pada tahun 1910.

Sebelumnya, Jombang adalah bagian dari Kabupaten Mojokerto, tetapi pada tanggal 21 Oktober 1910, Jombang resmi berdiri sebagai kabupaten sendiri.



adv

Jombang juga dikenal sebagai "Kota Santri" karena wilayah ini memiliki banyak pondok pesantren yang berdiri, dan jumlah santri di sini mencapai ribuan.

Baca juga: Masya Allah! Tertangkap Kamera CCTV, Pria Tendang Kepala Sejumlah Bocak di Masjid

Baca juga: ASTAGFIRULLAH! Debt Collector Nyelonong Langsung Buka Celana, Iming-Iming Potong Utang Rp 200 Ribu


mg2

Beberapa pondok pesantren terkenal di Jombang antara lain Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Tambakberas, Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso, dan Pondok Pesantren Denanyar.

Sejarah asal-usul nama Jombang juga memiliki kisah menarik. Salah satu versi cerita mengenai asal-usul nama Jombang adalah melalui Legenda Kebo Kicak dan Surontanu.

Dalam legenda ini, Jombang adalah tempat pertarungan antara dua tokoh sakti, yaitu Kebo Kicak dan Surontanu, yang terkenal di daerah tersebut.

Baca juga: Heboh! Begini Kronologi Lengkap Nadin Amizah Alami Pelecehan Seksual Usai Manggung di Bandung, Warganet Beri Pesan Penting

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi AMI Awards 2023: Selamat! Putri Ariani dan Raim Lowade Masuk Nominasi, Siapa Nominasi Bidang Pop?

Pada masa itu, setelah Kerajaan Majapahit meredup, wilayah Jombang menjadi kacau-balau.

Munculnya Surontanu, seorang penjahat sakti yang sangat ditakuti, membuat kondisi semakin buruk.

Konflik muncul terkait dengan banteng peliharaan Surontanu yang diduga memiliki sifat siluman yang menyebabkan penyakit aneh.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr