Siapa Sangka Nama Kota Jambi Penuh Misteri, Bikin Bergidik! Asal Usul Sejarah dan Fakta Menarik Kota Jambi Ini Baru Diketahui

Siapa Sangka Nama Kota Jambi Penuh Misteri, Bikin Bergidik! Asal Usul Sejarah dan Fakta Menarik Kota Jambi Ini Baru Diketahui

daerah-arto-marttinen/unplash-

SEJARAH KOTA JAMBI 

Luas wilayah Kota Jambi mencapai 20.538 hektar, dan geografinya unik karena terbelah oleh Sungai Batanghari menjadi dua bagian, yaitu bagian selatan dan bagian utara.



adv

Bagian selatan Kota Jambi merupakan wilayah terbesar, dengan karakteristiknya yang unik karena terdapat beberapa anak Sungai Batanghari yang mengalir di wilayah ini.

Keberadaan sungai-sungai ini telah memberikan dampak positif dalam pembangunan dan perkembangan kota.

Sejarah Kota Jambi sebagai pusat pemerintahan dan pemukiman telah melalui serangkaian peristiwa sejarah yang menarik.


mg2

Nama Jambi dan eksistensi Kota Jambi muncul dalam catatan sejarah yang kaya. Salah satu catatan sejarah yang menarik adalah dari Dinasti Sung, yang mencatat bahwa Maharaja San-fo-tsi (Swarnabhumi) berada di Chan-pi.

Informasi dari Dinasti Sung mengindikasikan bahwa Chan-pi (yang diidentifikasi sebagai Jambi) telah muncul dalam catatan Tiongkok pada tahun 853 M.

Ini menunjukkan bahwa Chan-pi atau Jambi telah ada dan dikenal pada abad ke-9 M. Bahkan, berita dari Ling Pio Lui (890-905 M) juga menyebutkan bahwa Chan-pi (Jambi) mengirim misi dagang ke Tiongkok.

Baca juga: Penyelidikan Tragis di Lift Ayuterra Resort Ubud Mengungkap Identitas Terduga Pelaku dalam Pengumuman Hari Ini, Berikut Identifikasinya!

Baca juga: Tragis! Profil Istri Arthur Leigh Welohr Bule Asal Amerika Serikat Viral Usai Tega Bunuh Bapak Mertua, SIapa Sangka Alasannya Karena Hal Ini?

TAG: #jambi
Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr