Sosoknya Menyeramkan, Ikan Purba yang Ada Sejak Era Dinosaurus Ini Mampu Menghisap Darah Mangsa hingga Kering

Sosoknya Menyeramkan, Ikan Purba yang Ada Sejak Era Dinosaurus Ini Mampu Menghisap Darah Mangsa hingga Kering

Pacific Lamprey--

RIVAL.co.id - Namanya adalah Lamprey Pasifik (Entosphenus tridentatus), termasuk dalam kelompok ikan purba yang dikenal sebagai Agnatha, mewakili makhluk yang telah mengelilingi planet ini selama lebih dari 450 juta tahun.

Ikan ini telah ada sebelum dinosaurus dan pepohonan menghiasi bumi, dan kehadirannya yang misterius terus memikat para peneliti.



adv

Baca juga: Fakta Penyebab Meninggalnya Ajudan Kapolda Kaltara Tewas di Rumah Dinas, Hasil Otopsi hingga Dugan Penyebab Kematian

Lamprey Pasifik, yang dapat ditemukan dalam ekosistem air tawar dan laut di wilayah Pasifik Utara, melintasi perairan dari California hingga Alaska, hingga mencapai Laut Bering hingga Rusia dan Jepang.

Ikan ini memiliki kecenderungan menghisap darah dan cairan tubuh mangsanya hingga kering, dengan daftar mangsa yang mencakup salmon Pasifik, flatfish, rockfish, dan Pacific hake.


mg2

Baca juga: Profil dan Biodata Irene Red Velvet Lengkap Medsos, Tetap Ikuti Konser SMTOWN di Jakarta Meski Kurang Fit

Dalam kelompok ikan purba yang tak memiliki rahang, Lamprey Pasifik menonjol sebagai salah satu spesies yang paling menarik.

Mereka berevolusi lebih dari 450 juta tahun lalu, selama periode Ordovisium, yang jauh sebelum masa dinosaurus. Bahkan, mereka telah melewati berbagai kepunahan massal dalam sejarah bumi.

Baca juga: Profil, Biodata dan Medsos Lesti Kejora, Kembali Disorot Netizen Usai Diangkat Jadi Duta Petani Muda Indonesia

Keunikan utama Lamprey Pasifik adalah absennya rahang, yang digantikan oleh mulut pengisap yang dikelilingi oleh deretan gigi.

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr