Punya Ciri Khas dan Berjuluk Kota Kacang, Ternyata Ini Fakta Menarik Kabupaten Pati

Punya Ciri Khas dan Berjuluk Kota Kacang, Ternyata Ini Fakta Menarik Kabupaten Pati

Pati--

RIVAL.co.id - Kabupaten Pati, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu bagian dari daerah Pantai Utara Jawa.

Jaraknya sekitar 84,7 kilometer dari Kota Semarang. Ibu kota Kabupaten Pati adalah kota Pati sendiri.



adv

Kabupaten Pati memiliki luas wilayah sekitar 100.769 hektar. Mayoritas wilayahnya adalah dataran rendah, yang membuatnya sangat potensial sebagai lahan pertanian.

Baca juga: Siapa Ustaz Ebit Lew? Pendakwah yang Terkenal Setelah Ajak Hijrah Gadis Punk Kini Dilaporkan Dugaan Pelecehan

Baca juga: Perjuangan Masyarakat untuk Mewujudkan Provinsi Sumba Sabu Raijua di Nusa Tenggara Timur, Bagaimana Langkahnya di Istana Negara?


mg2

Batas wilayah Kabupaten Pati meliputi sebelah utara yang berbatasan dengan Kabupaten Jepara dan Laut Jawa, sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Blora, serta sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Laut Jawa.

Sejak tahun 2006, Kabupaten Pati terbagi menjadi 21 kecamatan, 401 desa, dan 5 kelurahan.

Fakta Menarik tentang Kabupaten Pati

Mari kita lihat beberapa fakta menarik tentang Kabupaten Pati:

Baca juga: Misteri Nama Magelang Belum Terpecahkan? Begini Asal Usul dan Sejarah Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang Belum Diketahui, Bikin Merinding!

Baca juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong Terbaik di Jakarta Selatan: Alternatif Lokasi Janjian dan Sangat Menyenangkan serta Estetika yang Mengagumkan

1. Asal-usul Kabupaten Pati:

Kabupaten Pati memiliki sejarah yang unik. Kabupaten ini berasal dari wilayah bernama Paranggaruda, yang bermaksud untuk mengadakan pernikahan antara R Jaseri (juga dikenal sebagai Menak Jasari), seorang pemuda yang memiliki cacat fisik dan penampilan yang kurang menarik, dengan Dewi Ruyung Wulan, putri Adipati Carangsoko.

Namun, pernikahan ini tidak berjalan dengan mulus, dan kejadian-kejadian aneh mengawali berdirinya Kabupaten Pati.

TAG:
Sumber:

UPDATE TERBARU

vidstr