Loh Yo Opo Iki Rek! Asal Usul Nama Malang Artinya Tidak Beruntung? Simak Sejarah Nama Malang Jawa Timur Beserta Fakta Menarik

Loh Yo Opo Iki Rek! Asal Usul Nama Malang Artinya Tidak Beruntung? Simak Sejarah Nama Malang Jawa Timur Beserta Fakta Menarik

daerah-silash baisch/unplash-

Teori Pertama: Malang Kucecwara

Salah satu teori menarik mengenai asal usul nama Malang adalah teori "Malang Kucecwara." Dalam konteks ini, Malang Kucecwara dapat diartikan sebagai "Tuhan akan membantu kita menaklukkan yang jahat."



adv

Teori pertama ini merujuk pada nama sebuah bangunan suci yang disebut "Malangkuçeçwara."

Bangunan suci ini ditemukan dalam dua prasasti dari masa Raja Balitung dari Mataram Kuno, yaitu Prasasti Mantyasih tahun 907 Masehi dan Prasasti 908 Masehi.

Masih ada perdebatan di kalangan ahli sejarah tentang di mana sebenarnya bangunan ini berada.


mg2

Beberapa berpendapat bahwa bangunan Malangkuçeçwara terletak di daerah Gunung Buring, yang membujur di sebelah timur Kota Malang, dan salah satu puncaknya bernama "Malang." Namun, lainnya menduga bahwa bangunan tersebut berada di daerah Tumpang, Kabupaten Malang.

Baca juga: Misteri Nama Magelang Belum Terpecahkan? Begini Asal Usul dan Sejarah Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang Belum Diketahui, Bikin Merinding!

Baca juga: Startup Pertanian Koltiva Dapat Pendanaan Seri A dari AC Ventures Serta Jajaran Investor Ternama

Di Tumpang, terdapat sebuah desa bernama Malangsuka, yang menurut para ahli sejarah, berasal dari kata Malangkuça yang dibalik.

Ada juga peninggalan-peninggalan kuno seperti Candi Jago dan Candi Kidal yang merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Singhasari.

Nama Malangkuçeçwara terdiri dari tiga kata, yaitu "mala" yang berarti kebatilan, kecurangan, kepalsuan, dan kejahatan, "angkuça" yang berarti menghancurkan atau membinasakan, dan "içwara" yang berarti Tuhan. Oleh karena itu, Malangkuçeçwara berarti "Tuhan telah menghancurkan yang batil (jahat)."

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr