Misteri Nama Magelang Belum Terpecahkan? Begini Asal Usul dan Sejarah Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang Belum Diketahui, Bikin Merinding!

Misteri Nama Magelang Belum Terpecahkan? Begini Asal Usul dan Sejarah Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang Belum Diketahui, Bikin Merinding!

daerah-abdi-ms.unplash-

RIVAL.co.id - Misteri Nama Magelang Belum Terpecahkan? Begini Asal Usul dan Sejarah Kabupaten Magelang Jawa Tengah yang Belum Diketahui, Bikin Merinding!

Di tengah hamparan sejarah Nusantara, Magelang bersinar sebagai salah satu kota tertua yang memancarkan pesona dan makna mendalam.



adv

Hari jadi Magelang, yang tercatat pada tanggal 11 April 907 Masehi, menandai awal keberadaannya yang gemilang.

Jejak sejarahnya yang dalam didokumentasikan melalui Prasasti POH, Prasasti Gilikan, dan Prasasti Mantyasih, tiga lempengan tembaga yang menyimpan cerita masa lalu.

Misteri Nama Magelang


mg2

Salah satu misteri yang mengelilingi Magelang adalah asal-usul nama kota ini. Versi yang paling terkenal dan populer adalah cerita tentang "tepung gelang" atau "atepung-temugelang," yang berarti mengepung seperti gelang.

Legenda ini menceritakan pertarungan epik antara Pangeran Purbaya dan raja jin bernama Jin Sepanjang di hutan Kedu. Namun, apa hubungannya dengan nama Magelang?

Cerita dimulai ketika Panembahan Senopati, pemimpin Kerajaan Mataram saat itu, memutuskan untuk memperluas wilayahnya dengan membuka hutan bernama Hutan Kedu.

Pangeran Purbaya, anak Panembahan Senopati, ditugaskan untuk tugas berbahaya ini. Dia diberi sebuah tombak bernama Tombak Kyai Pleret karena Hutan Kedu dikuasai oleh raja jin yang sangat kuat.

Tombak ini harus digunakan untuk melawan raja jin tersebut.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Nongkrong Terbaik di Jakarta Selatan: Alternatif Lokasi Janjian dan Sangat Menyenangkan serta Estetika yang Mengagumkan

Baca juga: Asal Nama Grobongan Ternyata dari Sebuah Sayembara Masa Lalu? Cek Sejarah Lengkap, Fakta Menarik dan Julukan Kabupaten Grobongan Jawa Tengah

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr