Asal Nama Grobongan Ternyata dari Sebuah Sayembara Masa Lalu? Cek Sejarah Lengkap, Fakta Menarik dan Julukan Kabupaten Grobongan Jawa Tengah

Asal Nama Grobongan Ternyata dari Sebuah Sayembara Masa Lalu? Cek Sejarah Lengkap, Fakta Menarik dan Julukan Kabupaten Grobongan Jawa Tengah

daerah-grobongan.go.id -

Sejarah Grobongan versi kedua

Versi kedua berasal dari peristiwa yang melibatkan Sunan Kalijaga. Dalam cerita ini, Sunan Kalijaga membawa benda-benda pusaka warisan dari Raja Kerajaan Majapahit, Prabu Brawijaya VII. Benda-benda tersebut disimpan dalam beberapa wadah yang disebut "grobog."



adv

Saat dalam perjalanan menuju Demak, rombongan Sunan Kalijaga dihadang oleh perampok Bango Mampang, penguasa Kendeng bagian barat.

Para perampok berupaya memaksa Sunan Kalijaga untuk memberikan salah satu dari grobog-grobog yang dibawanya.

Dengan bijaksana, Sunan Kalijaga membiarkan mereka memilih salah satu grobog. Para perampok memilih grobog yang paling besar dan berat. Setelah memilih, mereka melepas Sunan Kalijaga dan melanjutkan perjalanan.


mg2

Namun, ketika mereka membuka grobog yang telah mereka pilih, ternyata grobog tersebut kosong. Bango Mampang yang marah meninggalkan grobog tersebut dan meminta grobog yang lebih berat. Namun, kali ini, para perampok tidak mampu mengangkatnya.

Kesal dan frustasi, Bango Mampang mencoba menyerang Sunan Kalijaga, tetapi tak ada satupun luka yang dapat ia berikan. Akhirnya, Bango Mampang dan Sunan Kalijaga mencapai kesepakatan damai.

Baca juga: Lenyap dalam Satu Malam, Ternyata Begini Fakta Tentang Dusun Legetang di Dieng yang Menghilang Secara Misterius

Sumber:

BERITA TERKAIT

UPDATE TERBARU

vidstr